Pangkalan TNI AL Pacitan Diresmikan, Diharapkan Kembangkan Potensi Maritim Pesisir Pantai dan Pertahanan Laut

oleh -1057 Dilihat
Pangkalan TNI AL Pacitan Diresmikan, Diharapkan Kembangkan Potensi Maritim Pesisir Pantai dan Pertahanan Laut. (Foto: Dok. TNI AL)

Pacitanku.com, PACITAN – Pangkalan TNI AL (Lanal) Pacitan di Jalan Laksamana Malahayati, Desa Kembang Kecamatan Pacitan, Rabu (08/11/2023). Peresmian dilakukan langsung Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan dalam sebuah upacara militer.

Dalam kesempatan tersebut juga turut hadir Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan.

Rangkaian acara peresmian diawali dengan upacara peresmian Lanal serta pengukuhan Komandan Lanal Pacitan, dilanjutkan dengan penanaman pohon, dan diakhir acara dilaksanakan pemotongan pita.

Pembentukan Lanal Pacitan bertujuan untuk mengembangkan kembali potensi maritim wilayah pesisir pantai.

Pembangunan Lanal Pacitan ini juga akan mendorong pemberdayaan nelayan melalui pengamanan laut dan pengawasan keamanan.

Selain itu juga diharapkan membangun pertahanan laut yang dimulai dari masyarakat maritim.

Selain peresmian Lanal Pacitan, Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan juga mengukuhkan Mayor Laut (P) Dainuri Syamsuddin sebagai Komandan Lanal Pacitan.

Dalam sambutannya, Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan mengungkapkan setelah melalui perjuangan panjang kita dalam merencanakan pembangunan kekuatan Lanal Pacitan ini akhirnya bisa terbentuk memperkuat salah satu bagian di sisi selatan pertahanan maritim pulau jawa.

“Lanal Pacitan ini juga tidak akan lahir tanpa bantuan dan dukungan seluruh komponen masyarakat di Pacitan,”katanya.

Dalam kegiatan itu juga digelar bakti sosial dan bakti Kesehatan bagi Masyarakat Pacitan di Balai Desa Kembang, Pacitan.