Bupati: Pangkalan TNI AL Pacitan Penting dan Strategis Amankan Perairan Selatan

oleh -1028 Dilihat
Bupati Pacitan Indrata Nut Bayuaji menghadiri peresmian Pangkalan TNI AL (Lanal) Pacitan di Desa Kembang Kecamatan Pacitan, Rabu (8/11/2023). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nut Bayuaji menghadiri peresmian Pangkalan TNI AL (Lanal) Pacitan di Desa Kembang Kecamatan Pacitan, Rabu (08/11/2023).

Peresmian dilakukan langsung Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan dalam sebuah upacara militer.

Rangkaian acara peresmian diawali dengan upacara peresmian Lanal serta pengukuhan Komandan Lanal Pacitan, dilanjutkan dengan penanaman pohon, dan diakhir acara dilaksanakan pemotongan pita.

Baca juga: Pangkalan TNI AL Pacitan Diresmikan, Diharapkan Kembangkan Potensi Maritim Pesisir Pantai dan Pertahanan Laut

Dalam kegiatan itu juga digelar bakti sosial dan bakti kesehatan bagi masyarakat Pacitan di Balai Desa Kembang, Pacitan.

Bupati Pacitan dalam sambutannya juga merasa dengan hadirnya Lanal Pacitan dapat membantu dan melindungi wilayah Kabupaten Pacitan dan sekitarnya.

“Pembangunan pangkalan TNI AL ini sangatlah penting dan strategis dalam upaya pengamanan wilayah perairan selatan kabupaten Pacitan, Trenggalek, dan Tulungagung. Pengamanan dari segala ancaman kegiatan ilegal perairan baik yang di lakukan oleh WNI atau oleh warga asing,”kata Bupati, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Lebih lanjut, Bupati berhararap dengan peresmian Lanal Pacitan ini selain dalam upaya menjaga wilayah perairan selatan juga sebagai upaya bersama bahu membahu bersinergi menciptakan situasi kondusif di masyarakat.

Sementara, menurut Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan, kehadiran Lanal Pacitan bisa memberi kontribusi nyata terhadap situasional yang lebih kondusif.  Yakni, dengan melakukan pengawasan perairan selatan yang kondisinya cukup terbuka.

“Kita berharap kehadiran Lanal Pacitan akan bersinergi dengan aparat pertahanan dan keamanan yang ada baik TNI maupun Polri serta pemerintahan sipil,”kata Panglima Yayan Sofiyan.

Lebih lanjut Panglima Komando Armada II minta kepada jajaran TNI AL di Lanal Pacitan untuk bisa membaur dan menjadi komponen seutuhnya bagi masyarakat Pacitan.

No More Posts Available.

No more pages to load.