Lanal Pacitan Diresmikan, ini Harapan Ketua DPRD

oleh -2166 Dilihat
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono mengapresiasi diresmikannya Pangkalan TNI AL di desa Kembang, Pacitan pada Rabu (8/11/2023). (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono mengapresiasi diresmikannya Pangkalan TNI AL di Desa Kembang, Pacitan pada Rabu (8/11/2023).

“DPRD mengapresiasi pembangunan Pangkalan TNI AL di Pacitan, sebab bisa memberi kontribusi terhadap terciptanya kondusifitas wilayah NKRI khususnya Pacitan yang terletak di pesisir Samudera Hindia,” kata Ronny saat dikonfirmasi Pacitanku.com usai peresmian.

“Yakni, dengan melakukan pengawasan perairan selatan yang kondisinya cukup terbuka,”imbuh legislator Partai Demokrat ini.

Baca jug: Pangkalan TNI AL Pacitan Diresmikan, Diharapkan Kembangkan Potensi Maritim Pesisir Pantai dan Pertahanan Laut

Sementara Laksamana Muda TNI Yayan Sofian menyatakan dengan adanya Lanal diharapkan dapat menjadi kekuatan pertahanan negara, menjaga keamanan, dan menegakkan hukum di wilayah tersebut.

“Dalam upaya untuk menunjang operasional Lanal Pacitan, sarana dan infrastruktur pangkalan akan terus ditingkatkan secara berkala sesuai dengan prioritas. Dengan langkah itu, pangkalan akan mampu bersinergi dengan aparat keamanan lainnya, untuk meningkatkan kondusifitas wilayah perairan maritim di bagian selatan Indonesia,”jelas dia.

Laksamana Muda TNI Yayan Sofian juga berharap kedepan TNI AL dapat bersinergi dengan aparatur lainnya di Pacitan guna mendukung kondusifitas di Laut Selatan Jawa.

“Diharapkan, dalam penyelenggaraan tugasnya, Lanal Pacitan dapat bersinergi dengan aparatur lain. Sehingga kondusifitas wilayah dapat ditingkatkan,”ujarnya.

Baca juga: Bupati: Pangkalan TNI AL Pacitan Penting dan Strategis Amankan Perairan Selatan

Dalam peresmian itu dilakukan langsung Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan dalam sebuah upacara militer.

Selain peresmian Lanal Pacitan, Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan juga mengukuhkan Mayor Laut (P) Dainuri Syamsuddin sebagai Komandan Lanal Pacitan.

Rangkaian acara peresmian diawali dengan upacara peresmian Lanal serta pengukuhan Komandan Lanal Pacitan, dilanjutkan dengan penanaman pohon, dan diakhir acara dilaksanakan pemotongan pita.

Dalam kegiatan itu juga digelar bakti sosial dan bakti Kesehatan bagi Masyarakat Pacitan di Balai Desa Kembang, Pacitan.