BPBD Pacitan Catat 31 Kejadian Bencana Selama Bulan Oktober 2023, Didominasi Kebakaran dan Kekeringan

oleh -2359 Dilihat
SALURKAN AIR BERSIH. BPBD Pacitan menyalurkan air bersih untuk warga terdampak kemarau di Pacitan pada Oktober 2023. (Foto: Dok. BPBD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITANBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan mencatat terjadi 31 kejadian bencana selama bulan oktober 2023 di Kabupaten Pacitan.

Mengutip infografis dari laman BPBD Pacitan, Kamis (2/11/2023) di Pacitan, berdasarkan data yang telah diterima Pusdalops, tercatat terdapat 31 kejadian bencana, baik alam maupun non alam.

“Meliputi 12 kejadian kebakaran yang terdiri dari 5 bangunan rumah atau tempat usaha serta 7 peristiwa kebakaran hutan dan lahan,”demikian caption dari BPBD Pacitan.

Selain itu, BPBD juga menyebut terjadi 1 kejadian cuaca ekstrem, 2 pencarian dan pertolongan serta 16 titik kekeringan berdasarkan surat permintaan dari desa.

Baca juga: BPBD Pacitan Naik Kelas Jadi Organisasi Perangkat Daerah Tipe A

Sementara untuk jiwa yang terdampak, sebanyak 13 orang selamat, 8 orang mengungsi dan 1 meninggal dunia.

Untuk aktivitas kegempaan, BPBD mencatat pada bulan Oktober 2023 terdapat 110 kali gempa, dirasakan 1 kali dengan rentang magnitude 2-4, kedalaman 5 sampai147 kilometer.

Sedangkan untuk rumah terdampak akibat kejadian bencana alam maupun non alam di Pacitan adalah sebanyak 3 rusak berat, 1 rusak sedang dan 1 tempat usaha rusak.

Berdasarkan data per kecamatan, BPBD juga mencatat di wilayah Kecamatan Pacitan terjadi 5 kali bencana, Punung 5 kali, Tulakan 5 kali.

Kemudian Pringkuku 3 kali, Donorojo 2 kali, Ngadirojo 2 kali, Sudimoro 2 kali, Nawangan 1 kali, Bandar 1 kali dan Tegalombo 1 kali.

“Mari kita tingkatkan kewaspadaan dan langkah-langkah antisipatif untuk meminimalisir dampak bencana dimulai dari lingkungan di sekitar kita. Mari bersinergi dan bergotong-royong dalam penanggulangan bencana, karena bencana urusan bersama,”demikian BPBD Pacitan.

No More Posts Available.

No more pages to load.