Yayasan El John Indonesia Bantu Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan di Pacitan

oleh -32 Dilihat
BANTU WARGA. Yayasan EL JOHN Indonesia hadir membantu masyarakat di Pacitan yang membutuhkan air bersih dampak dari kekeringan berkepanjangan. (Foto: Dok. Eljohn)

Pacitanku.com, PACITAN – Komitmen Yayasan EL JOHN Indonesia membantu masyarakat yang sedang membutuhkan kembali diwujudkan. Kali ini, Yayasan EL JOHN Indonesia hadir membantu masyarakat di Pacitan yang membutuhkan air bersih dampak dari kekeringan berkepanjangan.

Bantuan ini juga menjadi tekad Yayasan EL JOHN Indonesia untuk membantu Pemerintah Kabupaten Pacitan dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut, Yayasan EL JOHN Indonesia menyalurkan bantuan  berupa air bersih  di beberapa Dusun seperti Dusun Bengle dan Dusun Nglaban Desa Sambong Kecamatan Pacitan, Dusun Pelahan Desa Glinggangan Kecamatan Pringkuku, hingga ke Dusun Mantenan Desa Sidomulyo Kebonagung.

Bantuan air bersih ini disalurkan secara bertahap mulai dari tanggal 3 hingga 7 Oktober 2023.

Ketua Yayasan El John Indonesia cabang Pacitan, Suyitno mengatakan, air bersih yang disalurkan sebagai 5.000 liter dengan menggunakan armada tangki truk.

Sedangkan air bersih yang dibawa truk engkel dayang tampung tangkinya mencapai 3.500 liter. Penggunaan dua armada tersebut disesuaikan dengan medan yang ditempuh agar lokasi penyaluran bisa dijangkau.

“Rencana kami pengiriman air ini ke lima sampai sepuluh titik. Setiap titik itu setiap satu Dusun atau satu RT yang membutuhkan, kita kirim satu tangki. Kalau bisa dijangkau menggunakan armada tangki, tapi kalau yang tidak bisa dijangkau kita pakai mobil truk engkel karena memang medannya susah diakses,” ucap Suyitno dalam keterangan tertulisnya yang diterima Pacitanku.com, Senin (16/10/2023) di Pacitan.

Untuk penyalurannya, kata Suyitno, Yayasan El John Indonesia menerapkan jemput bola, artinya armada yang mengangkut air mendatangi drum miliki warga sehingga warga tidak perlu repot untuk menghampiri, dan pengisian dilakukan terhadap  drum yang kosong atau pun tinggal sedikit.

“Di situ ada jerigen ada drum air itu sudah disediakan oleh masyarakat semuanya itu bebas.Jadi setiap pengiriman kita melintas ada yang perlu diisi ya kita isi ke drum. Jadi bukannya warga yang datang tapi kita yang mendatangi warga,” tutur Suyitno

Suyitno mengungkapkan bahwa ada 11 dari 12 kecamatan yang mengalami kekeringan, yakni Kecamatan Pacitan, Donorojo, Punung, Arjosari, Bandar, Kebonagung, Nawangan, Sudimoro, Tegalombo, Ngadirojo, dan Pringkuku.

“Di Kabupaten Pacitan ini sudah kemarau Panjang kurang lebih hampir lima bulan ini tidak ada hujan, makanya di Kabupaten Pacitan ini dikatakan yaitu dilanda bencana kekeringan. Kami dari Yayasan El John Indonesia cabang Pacitan peduli dengan adanya bencana kekeringan, akhirnya kami mengirim bantuan bagi warga yang membutuhkan untuk kebutuhan air bersih,” katanya.

Untuk menyukseskan penyaluran bantuan ini, Yayasan EL JOHN Indonesia bekerja sama dengan pemerintah setempat, BPBD Pacitan, DLH Pacitan, dan juga dari komunitas-komunitas lain untuk memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat yang terkena dampak.

“Semoga dari Yayasan El John Indonesia dengan DPBD, DLH, dan komunitas yang ada di Kabupaten nanti kita bisa bersinergi, dan nanti kita juga bisa melakukan untuk pengiriman air yang selanjutnya,”pungkasnya.

Suyitno berharap, dengan adanya pengiriman air bersih kepada masyarakat, bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang membutuhkan air bersih.

“Semoga air bersih yang dikirim dari Yayasan EL JOHN Indonesia bermanfaat bagi masyarakat yang sangat membutuhkan, dan harapan kami ke depan juga pemerintah Kabupaten Pacitan itu bagaimana nanti menanggulangi supaya bencana kekeringan di Kabupaten Pacitan ini sangat bisa berkurang,” katanya.

Sementara itu, Suyitno menerangkan bahwa masyarakat menyambut dengan antusias dengan adanya bantuan air bersih ini, baik bantuan dari Yayasan El John Indonesia maupun stakeholder lain.

Hal ini dikarenakan masyarakat setempat memang membutuhkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Tanggapan warga

Penyaluran bantuan air bersih ini diapresiasi warga, salah satunya Nuryati. Ia mengaku sangat terbantu dengan bantuan air bersih karena dapat memenuhi kebutuhan untuk mandi, cuci piring dan lain-lain.

“Terima kasih buat Yayasan El John Pacitan atas bantuan air bersihnya. Kami dari Dusun Nglaban terdiri dari 90 KK mengucapkan banyak terima kasih. Semoga El John menjadi lebih baik. Terima kasih, ditunggu bantuan selanjutnya,”katanya.

Seperti diketahui, masalah kekeringan kini menjadi masalah yang sedang difokuskan Pemkab Pacitan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemkab membentuk satuan tugas penanggulangan bencana kekeringan.

Satgas dibentuk untuk memudahkan koordinasi dalam memetakan wilayah terdampak sekaligus mengoptimalkan penyaluran air bersih ke warga karena desa terdampak kian meluas.

No More Posts Available.

No more pages to load.