Ratusan Peserta Semarakkan Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023 di Pacitan

oleh -118 Dilihat
JARING BIBIT ATLET. Kemenpora membuka acara Tarkam yang diikuti 800 peserta dari 12 kecamatan se-Kabupaten Pacitan pada Jumat (13/10/2023) di lapangan Desa Purwoasri. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Tak kurang dari 800 peserta dari 12 kecamatan se-Kabupaten Pacitan mengikuti kejuaraan Antarkampung (Tarkam) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI 2023 yang digelar pada Jumat (13/10/2023) di lapangan Desa Purwoasri, Kecamatan Kebonagung.

Ajang unggulan Kemenpora RI ini dibuka oleh Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Hamka Hendra Noer di Lapangan Desa Purwoasri Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan.

Turut hadir dalam kegiatan itu Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Masrukin, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, Kepala Disparbudpora Pacitan Turmudi, Camat, Kepala Desa, KONI Pacitan, Ketua Kormi dan para perwakilan Cabor.

Sebelum pembukaan kegiatan Kejuaran Tarkam, sebanyak 1500 orang yang memeriahkan kegiatan ini melakukan Senam Kebugaran Jasmani 2021 yang diikuti guru-guru SMP , para pelajar tingkat SMP dan para peserta atlet Kejuaraan tarkam dan kemudian dilanjutlan dengan Penampilan Marcing Band SMP.

Tarkam yang memperebutkan piala Kemenpora itu berlangsung sejak Jumat (13/10/2023) hingga Ahad (15/10/2023).

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Pacitan yang telah bersedia untuk melaksanakan program nasional Kementerian Pemuda dan olahhraga,”kata Hamka Hendra Noer saat ditemui awak media.

Lebih lanjut, Hamka menuturkan selama ini Kemenpora sudah sering melakukan kegiatan kejuaraan yang bersifat formal. Sehingga, kata dia, kejuaraan Tarkam tidak terakomodasi. Hal itu pula yang melandasi Kemenpora menggelar Tarkam.

“Ternyata kejuaraan tarkam ini banyak melahirkan bibit-bibit atlet baik ditingkat regional maupun nasional, dan sebetulnya ini atas arahan pak presiden kepada Menteri, supaya dengan obyektif kita menjaring bibit di daerah kita acarakan tarkam,”ujar dia.

Meskipun digelar sederhana, Hamka menuturkan Tarkam memiliki substansi tinggi untuk menjaring bibit-bibit unggul di tingkat kabupaten/kota.

“Betul-betul lahir genuine lahir dari kejauraan antar kampung, bisa membangun karakter, dalamusia pembinaan sangat muda, melahirkan karakter anak-anak yang mengejar prestasi, bisa menghadirkan karakter sebagai atlet yang betul-betul siap,”jelas dia.

Untuk penyelenggaraan, kata Hamka, Tarkam digelar di Jatim di tiga kabupaten/kota, yakni adalah Nganjuk, Malang dan Pacitan.

“Kami berharap ini akan kontinyu, dan melahirkan atlet erbakat prestasi dan berkarakter,”pungkasnya.

Pada hari pertama, perlombaan dari cabor Atletik yakni lari nomor 60 dan 80 meter mulai di pertandingkan. Selain itu, cabang bulutangkis dan Voli dimulai pada Sabtu (14/10/2023).

Untuk cabor bulutangkis dilaksanakan di Gedung Bulutangkis Desa Purwoasri Kecamatan Kebonagung, cabor bola voli digelar di GOR Pacitan dan kejuaraan atletik digelar di lapangan Desa Purwoasri Kebonagung.