Cek Kesiapan Peresmian, Danlatamal V: Lanal Pacitan Perkuat TNI AL di Selatan Jawa

oleh -55 Dilihat
Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono berkunjung ke Pacitan pada Kamis (21/9/2023). (Foto: Dok Danlatamal V)

Pacitanku.com, PACITAN — Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono berkunjung ke Pacitan pada Kamis (21/9/2023) dalam rangka mengecek kesiapan Pangkalan TNI AL (Lanal) Pacitan Tipe D yang akan segera diresmikan di Karang Krembangan, Kabupaten Pacitan.

Lanal Pacitan dibentuk berdasarkan Surat Peraturan Panglima TNI Nomor 46 Tahun 2016 tentang pembentukan Lanal Kelas D dan Posmat TNI AL tertera di Bab II bagian kedua Pasal 4 resmi menjadi Lanal Pacitan yang nantinya akan beroperasi dibawah Lantamal V.

Danlantamal V dalam acara tatap muka beberapa waktu lalu di Lanal Yogyakarta, dikutip dari laman TNI AL berharap Lanal Pacitan bisa memperkuat titik TNI AL.

“Melihat dan menimbang dari segi geopolitik dan geostrategis dengan nantinya keberadaan Lanal Pacitan bisa menjadi perkuatan titik TNI Angkatan Laut di wilayah selatan Pulau Jawa,”kata Danlatamal V.

Selain mengecek kesiapan, Danlatamal V beserta pejabat Lantamal V juga diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan Heru Wiwoho Supadi Putro mewakili Bupati Indrata Nur Bayuaji di Halaman Wingking (Halking) Kabupaten Pacitan.

Turut menyambut, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kadin Perikanan, Kadin Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga serta Camat Pacitan. Sedangkan pejabat Danlantamal yang ikut dalam rombongan diantaranya, Komandan Lanal Malang : Kolonel Laut (KH/W) Dewi Lestari, Komandan Lanal Pacitan : Mayor Laut (P) Dainuri Syamsuddin serta pejabat lainnya.