Pemkab Pacitan Bantu Alsintan Petani Tembakau untuk Tingkatkan Kualitas Produksi

oleh -1 Dilihat
Pemkab Pacitan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menggelontorkan bantuan kepada petani tembakau Pacitan. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemkab Pacitan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menggelontorkan bantuan kepada petani tembakau Pacitan.

Bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) perkebunan tersebut diserahkan langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji kepada 30 kelompok petani tembakau yang tersebar di 9 kecamatan.

“Bantuan ini untuk membantu dan memfasilitasi petani. Pesan saya, jaga dan tingkatkan kualitas,” kata Mas Aji, Rabu (20/9/2023) di Pacitan, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Kualitas menjadi penekanan Bupati karena produksi tembakau Pacitan harus bersaing dengan daerah lain. Untuk itu kepada petugas penyuluh diminta terus mendampingi petani agar kualitas terjaga.

Bantuan Alsintan Perkebunan dari kegiatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2023 senilai lebih dari Rp 460 juta.

Alsintan itu terdiri dari cultivator 12 unit, pompa air 8 unit, genset 5 unit, mesin perajang tembakau 6 unit dan widik 1900 buah.

Selain itu juga ada gerobak sorong 30 buah, batu gosok asah 10 buah, plastik rool bening 50 rol, plastik jemur UV 10 rol serta timbangan digital sebanyak 10 unit.

“Ini adalah bentuk komitmen pemerintah untuk meringankan petani serta mewujudkan masyarakat yang sejahtera bahagia. Semoga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya,”kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pacitan Sugeng Santoso.