Ini 5 Tips Berhemat Ala Anak Kost di Pacitan

oleh -2 Dilihat
Foto ilustrasi masuk kamar kos. (Foto: Freepik.com)

Pacitanku.com, PACITAN –  Menjalani kehidupan sebagai anak kost tidak semudah yang dibayangkan oleh masyarakat pada umumnya.

Pada kenyataannya banyak anak kost yang merasa tidak bisa memanagement keuangannya dengan baik ketika menjalani kehidupan sebagai anak kost.

Di kota Pacitan banyak sekali remaja yang sedang kuliah atau yang bekerja yang memilih untuk tinggal di kost. Terlebih mereka, para pelajar atau mahasiswa yang rumahnya jauh dari perkotaan.

Meskipun biaya hidup di Pacitan tergolong murah dibandingkan dengan kota kota besar lainnya, masih banyak anak kost yang tidak bisa mengelola keuangannya dengan baik.

Tim Pacitanku menjumpai beberapa anak kost yang tinggal di kota Pacitan dan merangkum tips-tips unik dari mereka untuk berhemat ala anak kost.  Apa saja tipsnya?

1. Membuat skala prioritas

Seorang mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Pacitanbernama Dimas Dwi Prayoga mengungkapkan bahwa untuk bisa mengelola keuangan dengan baik maka kita harus membuat skala prioritas. 

“Kalau saya sih biasanya bikin skala prioritas untuk bisa hemat jadi anak kost. Dengan kita membuat skala prioritas maka kita akan lebih mudah menentukan mana kebutuhan yang lebih penting dan mana yang kurang dibutuhka,”kata Dimas dijumpai oleh tim Pacitanku pada Jumat (21/07/2023) di kostnya di Kelurahan Baleharjo.

“Jadi, dengan skala prioritas ini kita dapat mempertimbangkan hal hal yang lebih penting. Contohnya kalau malu beli sesuatu lihat skala prioritas dulu,”imbuhnya.

2. Metode Reward Time

Kunci yang kedua, salah satu tips unik menghemat lainya adalah reward time seperti yang disampaikan oleh Mahasiswi Akademi Komunitas Negeri Pacitan yaitu Hanika Lintang pada Jumat (21/07/2023) di Barehan.

“Ada tips unik dari saya yaitu Reward Time, jadi reward time ini istilah yang saya buat dengan makna penghargaan. Maksudnya disini adalah kita membeli barang yang kita inginkan hanya ketika kita mencapai achievement tertentu saja,”kata dia.

“Dengan ini kita dapat menahan diri untuk tidak membeli barang-barang berlebihan dan sekaligus memotivasi diri untuk lebih produktif,”imbuhnya

3. Self Service

Tips yang ketiga adalah self service maksudnya adalah mandiri. Self service disini maksudnya adalah mencuci baju baju kotor sendiri bertujuan untuk menghemat biaya untuk laundry dan memasak sendiri untuk menghemat uang makan. Hal ini tentu dapat dikecualikan dalam konteks tertentu contohnya ketika sedang terburu buru, sakit, dan lain lain.

4. Money Weekly Save

Money weekly save maksudnya adalah tabungan mingguan. Menabung setiap hari seringkali terasa sulit apalagi untuk tetap berlangsung konsisten.

Untuk itu money weekly save dapat menjadi tips mudah agar tetap bisa menabung. Cukup luangkan beberapa uang dalam setiap minggunya untuk memenuhi target tabunganmu.

5. Daftar Pengeluaran

Tips terakhir adalah membuat daftar pengeluaran. Daftar ini dibuat bertujuan untuk kilas balik keuangan. Kita dapat melihat kembali seberapa besar pengeluaran yang telah dihabiskan selama sepekan ataupun sebulan.

Adanya daftar pengeluaran ini kita dapat mengontrol pula penggunaan keuangan kita di hari berikutnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.