Kelurahan Ploso Pacitan Bantu Warga Terdampak Gempa M 6 Selatan Jogja

oleh -19 Dilihat
BANTU WARGA. Lurah Ploso Aswin Rikha Wijaya bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat menyerahkan bantuan untuk warga terdampak gempabumi pada Jumat (30/6/2023) malam WIB. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Sejumlah pimpinan lembaga di Pacitan segera melakukan langkah tindak lanjut penanganan kedaruratan beberapa saat setelah terjadi gempabumi magnitudo 6,4 di selatan Jogja. Salah satunya adalah Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan.

Gempa tersebut belakangan diupdate menjadi M 6 diketahui terjadi pada Jumat (30/6/2023) malam pukul 19.57 WIB.

Lurah Ploso, Pacitan Aswin Rikha Wijaya mengatakan sebanyak 3 sampai 5 rumah warga di wilayahnya mengalami kerusakan. Namun demikian pihaknya masih akan terus melakukan pendataan lebih lanjut.

“Kami masih terus mendata bersama pihak RW, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Ploso,”kata Aswin saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Jumat (30/6/2023) malam.

Mantan Kasi Kedaruratan BPBD Pacitan ini juga menjelaskan jika kerugian rumah warga terdamapak di Kelurahan Ploso cukup beragam. “Kerugian materiel beragam, ada yang sampai kurang lebih Rp1 juta sampai Rp 5juta, karena Karena kebanyakan rumah yang terdampak adalah bangunan lama,”kata dia.

Lebih lanjut, Aswin lebih lanjut menjelaskan jajarannya juga telah bergerak menyalurkan bantuan kedaruratan untuk warga yang terdampak gempa. “Penyaluran bantuan kedaruratan telah dilakukan, melalui kelurahan bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas kelurahan Ploso,”jelasnya.

Pihak Kelurahan, kata dia, juga telah melakukan assesment dan penanganan darurat bencana dengan melibatkan seluruh unsur yang ada.

“Penanganan darurat bencana seperti pemberian terpal dan sembako, kemudian mendata dan melaporkan ke camat serta dinas terkait yaitu BPBD dan lain-lain untuk ditangani lebih lanjut dan serius,”pungkas Aswin.

Diberitakan sebelumnya, gempabumi tektonik berkekuatan Magnitudo 6 terjadi di 85 kilometer barat daya Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (30/6/2023) pukul 19.57 WIB.

Meski terjadi di barat daya Bantul, gempa yang kemudian kembali dilakukan parameter update dengan magnitudo M 6,0 tersebut terasa di sejumlah daerah, salah satunya Pacitan.

Gempa yang berdurasi kurang lebih 15 detik tersebut mengakibatkan sejumlah rumah dan fasilitas umum seperti ruang pertemuan kantor kecamatan Pacitan, lobby kantor Badan Pertanahan, beberapa ruang Rumah sakit umum Daerah Dr Darsono rusak dan ambrol.

Setelah terjadi gempa utama, setidaknya hingga Jumat (30/6/2023) pukul 22.00 WIB terjadi 7 kali gempa susulan dengan skala kecil di Laut Selatan Jawa (Yogyakarta). Kondisi ini seperti diinformasikan oleh InaTEWS BMKG.

No More Posts Available.

No more pages to load.