Ini 9 Menu Favorit Makanan Khas Idul Adha, Pilih Mana?

oleh -1 Dilihat
Sate kambing. (Foto: Dok. Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN — Hari Raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban. Daging kurban tersebut nantinya akan diolah menjadi menu makanan yang enak dengan bumbu menggoda.

Umumnya, kurban di Indonesia menggunakan sapi, kambing, atau domba. Nantinya, daging kurban akan diterima oleh orang yang berkurban, tetangga sekitar/teman/kerabat, serta fakir miskin.

Nah, banyak olahan makanan yang bisa dibuat jika Anda mendapatkan daging kurban. Jangan sampai bingung atau hanya memasak menu makanan yang itu-itu saja. Berikut menu makanan favorit khas Idul Adha yang bisa Anda coba di rumah bersama keluarga.

1. Masak menu Gule atau Gulai

Yang pertama adalah olahan gule atau gulai. Tentunya, Anda sebelumnya mengira gule dan gulai adalah menu makanan yang sama.

Ternyata, gule dan gulai adalah dua menu makanan favorit khas Idul Adha yang berbeda. Gule merupakan nama yang familiar di Jawa, sedangkan gulai berasal dari Sumatera.

Gulai punya unsur masakan India yang dimasak dalam kuah berempah dengan citarasa gurih. Sementara, kuah gule lebih cair, tidak terlalu kental, dan tidak segurih gulai.

Biasanya, gule menggunakan santan encer dan kaldu daging kambing. Meski begitu, Anda bisa mengolah daging kurban menjadi gule atau gulai sesuai selera. Karena menu gule atau gulai ini biasanya paling menjadi favorit saat Idul Adha.

2. Bakar Jadi Sate

Kedua, menu andalan dan favorit saat Idul Adha adalah membakar daging dengan tusuk sate, alias sate kambing atau sate daging

Sate adalah hidangan dari olahan daging yang akrab dijumpai meski tak Idul Adha. Namun, biasanya momen Idul Adha bakal menjadi waktu yang tepat untuk mengolah daging kurban menjadi sate.

Kegiatan ini bisa dilakukan bersama keluarga atau teman. Membuat sate tak sulit karena Anda cukup membakar daging kurban yang sebelumnya sudah direndam bumbu.

Selain itu, kegiatan bakar-bakar sate juga bisa menjadi momen keakraban yang sayang dilewatkan.

3. Bikin Rendang

Yang ketiga, biasanya Rendang juga menjadi menu makanan favorit khas Idul Adha. Tak hanya populer di Indonesia, rendang bahkan sudah terkenal hingga mancanegara.

Masakan khas dari Sumatera Barat ini memiliki cita rasa pedas, gurih, dan mengandung santan.

Nah, Anda bisa menggunakan daging sapi atau kambing untuk membuat olahan rendang. Memasak rendang juga bisa dalam berbagai pilihan, baik dalam bentuk rendang basah atau kering. Dan biasanya menu ini menjadi buruan pecinta kuliner gurih.

4. Daging dijadikan Tongseng

Selanjutnya, menu andalan Idul Adha adalah tongseng. Memang, pada umumnya, tongseng menggunakan olahan daging kambing. Namun, Anda juga bisa menggunakan daging sapi untuk membuat menu makanan favorit khas Idul Adha satu ini.

Ada bumbu rempah, seperti jahe, cengkeh, kayu manis, biji pala, daun jeruk, serta batang serai yang biasa digunakan untuk mengolah tongseng.

Selain itu, Anda juga bisa tambahkan beberapa sayuran, seperti kubis, kol, tomat, serta daun bawang saat menyajikannya.

5. Rawon

Yang kelima adalah menu rawon. Karena ternyata rawon yang juga masuk dalam menu makanan favorit khas Idul Adha. Olahan daging khas Jawa Timur ini menurut ceritanya juga menjadi makanan favorit raja-raja zaman dahulu.

Rawon memiliki kuah berwarna hitam. Namun, warna hitam kuah rawon berasal dari buah kluwek.

Dan masakan rawon ini juga menggunakan rempah-rempah lain, seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, lengkuas, jahe, serai, daun jeruk, serta daun salam. Tauge bisa Anda tambahkan sebagai pelengkap bumbunya.

6. Buat Bakso daging

Menu bakso bisa Anda coba sebagai menu makanan favorit khas Idul Adha, utamanya berbahan baku daging sapi. Jika biasanya Anda membeli bakso di tempat langganan atau penjual keliling yang menggunakan gerobak, kini saatnya untuk membuat olahan bakso sendiri dengan daging kurban. Tentunya pasti lezat. Apalagi dagingnya berlimpah.

7. Sop Daging

Selanjutnya, menu sop daging cocok bagi Anda yang ingin menyantap olahan daging berkuah, tapi tak bersantan.

Biasanya, sop daging diolah bersama kuah kaldu sapi bening dengan tambahan irisan sayuran, seperti kentang, wortel, buncis, kubis, tomat, serta daun bawang dan seledri.

Anda juga bisa menambahkan tulang sumsum atau tetelan agar sop daging menjadi lebih nikmat. Jangan lupa beri taburan bawang goreng saat proses penyajian agar tampilan dan rasanya lebih menggugah selera.

8. Semur daging

Menu andalan berikutnya saat Idul Adha adalah Semur. Semur adalah olahan daging yang memiliki warna hitam pekat. Ini karena semur menggunakan kecap pada kuahnya. Semur menjadi menu makanan favorit khas Idul Adha yang juga banyak diminati.

Daging sapi, kambing, ayam, sampai telur bisa Anda jadikan hidangan semur. Selain kecap, ada juga berbagai bumbu rempah yang membuat rasa dan kelezatan semur semakin menggoda.

9. Bikin Tengkleng

Cara lain untuk menikmati daging kurban adalah memasak Tengkleng. Makanan favorit khas Idul Adha ini memiliki kuah yang lebih encer.

Tengkleng terdiri dari tulang, daging, serta jeroan kambing dengan kuah santan beraroma rempah.

Nah, bumbu tengkleng tak berbeda jauh dengan gulai. Biasanya, tengkleng disajikan bersama dengan nasi hangat dan sate. Aroma rempahnya bisa membuat nafsu makan Anda bertambah.

Demikianlah 9 menu favorit saat Idul Adha. Anda pilih mana? Apapun pilihannya tetap jangan berlebihan mengonsumsi daging yak arena itu bisa berdampak untuk Kesehatan Anda. Selamat merayakan Idul Adha bersama keluarga.