Bupati Aji Dorong UMKM Pacitan Terus Berbenah

oleh -4 Dilihat
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat membuka Sosialisasi Program Kredit Sejahtera (Prokesra) Daerah Sentra Perekonomian Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Jawa Timur, Selasa (27/6/2023). (Foto: Dok Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Dengan keunggulan sumber daya alam (SDA), ekonomi Kabupaten Pacitan memiliki peluang untuk terus tumbuh dan berkembang. Namun demikian, segala potensi tersebut tidak bisa tumbuh dan berkembang sendiri tanpa ada dukungan sektor lain. Salah satunya melalui sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Cantiknya alam saja tidak cukup, butuh SDM yang mumpuni, budaya yang dimunculkan juga dukungan dari UMKM,” terang Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat membuka Sosialisasi Program Kredit Sejahtera (Prokesra) Daerah Sentra Perekonomian Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Jawa Timur, Selasa (27/6/2023) mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Menurut pria yang akrab disapa Mas Aji ini, sektor UMKM harus berbenah untuk mendukung sektor pariwisata yang selama ini menjadi unggulan bagi Kabupaten Pacitan. UMKM Pacitan harus bisa bersaing tidak hanya dengan kabupaten tetangga tapi juga pasar yang lebih luas lagi.

“Jangan sia-siakan kesempatan ini karena sebesar apapun perhatian pemerintah kuncinya ada di UMKM sendiri,”kata dia.

Sosialisasi Program Kredit Sejahtera (Prokesra) Daerah Sentra Perekonomian digelar oleh Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Jawa Timur. Tujuannya tak lain untuk memberikan pemahaman kepada pemiliki UMKM terhadap akses pembiayaan melalui pinjaman dengan bunga rendah.

“Kita Ada 5 strategi untuk meningkatkan jasa UMKM yakni membenahi kelembagaan, peningkatan SDM, produksi, pemasaran serta pembiayaan,”kata Arif Lukman Hakim Kabid Pembiayaan Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Jawa Timur.

Selain Kabupaten Pacitan, Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Jawa Timur juga melakukan kegiatan serupa di 4 kabupaten lain yakni Kabupaten Blitar, Sampang, Ngawi dan Lamongan. Selain memiliki potensi UMKM yang besar 5 kabupaten tersebut dinilai memiliki komitmen kuat terhadap bank UMKM.

No More Posts Available.

No more pages to load.