Muhammadiyah Pacitan Gelar Sholat Idul Adha di Alun-alun Pada 28 Juni 2023

oleh -4 Dilihat
Kawasan alun-alun Pacitan. (Foto: Dok. Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Para kader Muhammadiyah Kabupaten Pacitan dipastikan akan melaksanakan sholat Idul Adha di alun-alun Pacitan pada Rabu (28/6/2023) mendatang. Kepastian tersebut datang setelah Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pacitan mendapatkan izin dari Bupati Pacitan.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pacitan Suprayitno Ahmad mengatakan sholat Idul Adha akan dimulai pada Rabu pagi pukul 06.15 WIB.

“PDM Pacitan memastikan lokasi shalat Idul Adha di Alun-Alun Kabupaten Pacitan, setelah mendapat izin Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Shalat dimulai pukul 06.15, sehingga warga yang akan melaksanakan sholat bisa menyiapkan diri sebelumnya,”kata Suprayitno Ahmad, seperti dikutip dari laman PWMU.co.

Rencananya, bertindak sebagai khatib dan imam Sholat Idul Adha adalah Prof Dr H Muhammad Chirzin MAg  yang merupakan Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Selain di alun-alun Pacitan, kegiatan Sholat Idul Adha Muhammadiyah Pacitan juga digelar di sejumlah titik pada Rabu (28/6/2023) mendatang.

Hal itu sesuai dengan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah No. 1/MLM/I.O/E/2023. Lokasi tersebut tersebar di beberapa tempat di seluruh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) se-Kabupaten Pacitan.

Untuk wilayah Kecamatan Tegalombo, sebagai penyelenggara adalah PCM Tegalombo akan digelar di Masjid Baitus Shomad dengan Khatib Dwijo Susilo dan Imam Agus Irawan.

Kemudian sholat Idul Adha juga digelar oleh PPTQ Ahmad Dahlan Ketro Kebonagung yang bertempat di Halaman Masjid Jamik Baitul Ghofar MTs/MAM Ketro. Adapun sebagai Khotib adalah Muh. Isa Ansori MPd dan Imam Surono.

Untuk wilayah PCM Tulakan, sholat Idul Adha digelar di Lapangan depan Kecamatan Tulakan dengan Khatib Ahmad Dahlan dan Imam dr. Sukamto. Dan terakhir adalah PCM Ngadirojo menggelar sholat Idul Adha di halaman Masjid Muhammadiyah Al Iman, Desa Wiyoro, Ngadirojo. Adapun sebagi  Imam adalah Iwan Dwi Nugroho dan Khatib Aris Budi Susanto.

Sebagai informasi, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan Idul Adha 2023 atau 10 Zulhijah 1444 H jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023.

Ketetapan PP Muhammadiyah tentang Hari Raya Idul Adha tertuang dalam Maklumat Nomor 1/MLM/I.0/E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H.