Disparbudpora Pacitan akan Bahas Rencana Pembebasan Tiket Masuk Pantai Pancer Door dengan Dewan

oleh -5 Dilihat
PANTAI PANCER DOOR. Keindahan Pantai Pancer Door Pacitan. (Foto: Dwi Purnawan/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) akan segera membahas rencana pembebasan atau penggratisan tiket masuk destinasi wisata Pantai Pancer Door.

“Jadi penggratisan atau pembebasan masuk ke oyek wisata (Pantai Pancer Door) itu sampai sekarang kita akan bahas dengan komisi III DPRD Pacitan, bagaimana kelanjutannya, apakah bisa, karena obyek wisata (Pantai Pancer Door) itu memang salah satu penopang Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata,” kata Kepala Disparbudpora Pacitan Turmudi saat dikonfirmasi awak media, Jumat (26/5/2023) di Pacitan.

Baca juga: Masuk ke Pantai Pancer Door akan Digratiskan, DPRD Godok Rasionalisasi Tiket Wisata

Lebih lanjut, Turmudi mengatakan proses pembicaraan dan pembahasan dengan legislator itu penting untuk membahas potensi PAD dari sektor selain tiket masuk.

“Apakah nanti pengganti daripada obyek PAD (tiket masuk) itu kita arahkan kemana jadi nanti masih ada pembicaraan lebih lanjut, sehingga nanti apabila sudah muncul Perda, itu bisa kita lakukan dengan obyek atau daya tarik atau destinasi yang lain,”paparnya.

Secara khusus, Turmudi menilai jika Pantai Pancer Door akan dibebaskan tiket masuknya, hal itu akan menjadikan pengunjung lebih banyak.

“Memang kita harapkan nanti pengunjung lebih banyak, dan kita juga berharap semua kegiatan, baik itu olahraga, hiburan atau mungkin ekonomi kreatif bisa meningkat, terutama makanan kecil dan warung-warung, kios-kios itu bisa Kelola, saya yakin akan menajdi obyek yang menurut saya akan menjadi rame,”jelas Turmudi.

Di sisi yang lain, Turmudi mengatakan pihaknya akan mengupayakan strategi menutup penggratisan tiket masuk itu dengan mengoptimalkan sektor lainnya.

“Nanti yang penting kita upayakan bagaimana yang menutup HTM, apakah kita optimalkan parkirnya atau disewa kiosnya atau bagaiamana, nanti kita akan tambah sarprasnya misalkan perbaikan jalan, luas parkir, atau penambahan kios barangkali kalau ada anggaran,”pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, DPRD Pacitan tengah mengebut rasionalisasi tiket wisata. Salah satu poinnya diantaranya adalah tiket masuk ke Pantai Pancer Door akan digratiskan.

Draf rancangan peraturan daerah (raperda) yang akan dijadikan payung hukum untuk merevisi retribusi kunjungan di objek wisata itu kini sama-sama dibahas antara eksekutif dan legislatif sebagai dasar.

Video Pesona Pantai Pancer Dorr Pacitan

No More Posts Available.

No more pages to load.