Sempat Rusak Terdampak Banjir, Masjid Apung Pacitan Kini Kembali Berdiri Megah di Bulan Ramadan

oleh -10 Dilihat
Masjid Apung Pacitan kembali berdiri megah dan diresmikan Bupati Pacitan pada Jumat (14/4/2023). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Setelah sempat hancur akibat diterjang banjir, Masjid Apung Pacitan kembali berdiri megah. Pembangunan Masjid ikonik tersebut telah selesai dan bisa digunakan untuk kegiatan ibadah.

Berfungsinya kembali masjid di muara sungai Grindulu tersebut ditandai dengan acara tasyakuran dan buka bersama.

Hadir langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (Mas Aji), Pimpinan Perguruan Islam Pondok Tremas sekaligus pemrakarsa Masjid Apung KH. FUAD Habib Dimyati (Gus Fuad), Unsur Forkopimda, Sekda Pacitan serta pimpinan perangkat daerah dan camat se Kabupaten Pacitan.

“Alhamdulillah Masjid Apung sudah bisa digunakan kembali, ini semua berkat panjenengan. Untuk itu mewakili pemerintah daerah dan masyarakat Pacitan saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya,”kata Mas Aji, Jumat (14/4/2023) mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Masjid Apung Pacitan yang berdiri tahun 2019 sempat hancur akibat banjir besar sungai Grindulu awal tahun lalu.

Tidak ingin berlarut, Mas Aji bergerak cepat memimpin pembangunan kembali masjid ikonik tersebut. Hanya tempo kurang dari 2 bulan pengerjaan Masjid Apung kembali berdiri kokoh.

“Ya Allah terimakasih maturnuwun sanget, kalau disini ada kemaslahatan, kulo nyuwun orang-orang yang ikut mewujudkan itu kirimkan kebaikan itu kepada mereka,”kata Gus Fuad.

Tasyakuran Masjid Apung ditandai dengan santunan anak yatim, doa bersama, mahalul qiyam serta sholat fardhu dan tarawih berjamaah.

Sebelumnya, Mas Aji juga mengerjakan ibadah sholat jumat  dan penaburan benih ikan di kolam kompleks Masjid Apung.