Kunjungi Pacitan, Pangdam Brawijaya Beri Pembinaan Internal, Ingatkan Prajurit Harus Netral

oleh -Dibaca 491 kali
Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf, Rabu (12/04/2023) berkunjung ke Kabupaten Pacitan. (Foto: Dok Pendam for Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf, Rabu (12/04/2023) berkunjung ke Kabupaten Pacitan. Tiba di Makodim 0801 Pacitan, Panglima beserta isteri disambut Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Inf. Sugiono, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf. Roliyanto dan unsur Forkopimda.

Dalam kunjungannya di Pacitan, Pangdam kali ini untuk memberikan pembinaan internal kepada anggota TNI di jajaran Kodim 0801 Pacitan.

Beberapa hal disampaikan oleh Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf. Salah satunya menyoal sikap netralitas TNI.

“Jangan terjebak dengan paradigma yang pragmatis dari partai manapun. Ingat, tetap jaga netralitas TNI,” tegas Pangdam.

Tak hanya itu saja, dihadapan prajurit dan Persit Kodim Pacitan Pangdam juga menegaskan jika dirinya tak segan-segan untuk memberikan sanksi tegas berupa pecat tidak dengan hormat bagi anggota yang terlibat kasus narkoba.“Langsung akan diproses secara hukum dan pecat dari kedinasan,” ungkapnya.

 Orang nomor satu di tubuh Kodam V/Brawijaya itu menegaskan, jika saat ini terdapat beberapa hal yang menjadi titik fokus utama. Hal itu, berkaitan dengan adanya program-program yang sudah direncanakan oleh Pemerintah dan TNI-AD.

Program-program tersebut, kata Pangdam, meliputi adanya program ketahanan pangan, menekan jumlah stunting, TNI Manunggal Air, Babinsa masuk dapur, serta Babinsa masuk sekolah.

“Seperti Babinsa di Sumenep yang mampu berkiprah ditengah masyarakat dengan mengembangkan UMKM hanya dengan membuat krupuk. Itu bisa menghasilkan antara Rp 3-4 juta per bulan. Dari krupuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”pungkasnya.