Keren, Rutan Cipinang Gelar Bazar Hasil Karya Warga Binaan

oleh -0 Dilihat
Kegiatan terbaru dilakukan di Rutan Cipinang yaitu Bazar hasil karya warga binaan dengan tema "One Day One Prison's Product" yang diadakan sebagai bagian dari peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 59 di Gazebo Rutan Cipinang, Senin (3/4/2023).

Pacitanku.com, JAKARTA – Banyak anggapan penjara adalah tempat yang menakutkan dan mengerikan. Namun, pandangan negatif ini perlu dikoreksi karena faktanya penjara atau lembaga pemasyarakatan bukanlah tempat yang selalu menyeramkan.

Ada banyak kegiatan positif yang dilakukan sebagai bentuk bantuan dari pemerintah terhadap para narapidana.

Beberapa kegiatan tersebut dilakukan di Rutan Cipinang, salah satu lembaga pemasyarakatan di Jakarta yang terkenal padat.

Kepala Rutan Cipinang, Sukarno Ali mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata dari berbagai program pembinaan yang ada di Rutan mulai dari pemberian pelatihan sampai dengan penyediaan sarana dan prasarana bagi warga binaan untuk menyalurkan bakat dan minatnya.

“Kegiatan ini harus terus berjalan, ini positif. Saya berharap para narapidana bisa memanfaatkannya sebaik mungkin untuk bekal hidup mereka nanti,”katanya.

Kegiatan terbaru dilakukan di Rutan Cipinang yaitu Bazar hasil karya warga binaan dengan tema “One Day One Prison’s Product” yang diadakan sebagai bagian dari peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 59 di Gazebo Rutan Cipinang, Senin (3/4/2023).

Kegiatan ini melibatkan pegawai dan seluruh pejabat struktural yang diharapkan dapat memberikan apresiasi terhadap hasil karya warga binaan sehingga mendorong mereka untuk terus berinovasi.

Produk unggulan seperti kopi, tas kulit, sandal kulit, lukisan sampai pakaian kaos dengan gambar menarik berhasil dipamerkan dalam bazar ini.

Sukarno menambahkan kegiatan ini diharapkan dapat merubah pandangan negatif masyarakat terhadap Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan.

“Ini bisa jadi sarana yang baik, supaya ga dikira serem terus di dalam penjara itu,”ujarnya.

Pada praktik program yang telah dilakukan di Rutan Cipinang ini terdapat implementasi manajemen strategi yang menggunakan metode 7S McKinsey yang diselaraskan agar target organisasi berjalan dengan lebih baik.

(Taruna Utama Muhammad Hanif Divanda)