Apresiasi Seni Mural Seawalls, Bupati Pacitan Ajak Bersama Jaga Warisan Laut

oleh -6 Dilihat
SEA WALLS. Bupati Pacitan saat mengecek seni mural seawalls di Pacitan. (Foto: Dok. Instagram Indrata Nur Bayuaji)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengapresiasi adanya seni mural bertema kampanye terhadap kelestarian laut bertajuk Seawalls di jalur utama Pacitan-Solo di Kelurahan SIdoharjo, Pacitan.

“Apresiasi saya untuk Seawalls, Pangeaseed atas event Seawalls pertama di Jogja dan Pacitan yang di inisiasi oleh Pangeaseed dan Sweda,”kata Bupati melalui unggahannya di Instagram yang dikutip pada Senin (3/4/2023).

Baca juga: Kampanyekan Kelestarian Laut, Pacitan Gelar ‘Kick Off’ Seawalls di Jalur Pacitan-Solo

Menurut Bupati Aji, festival Seawalls sebagai bentuk kampanye membangun kesadaran bersama menjaga kelestarian laut dengan medium seni mural di berbagai dinding dan ruang publik di Jogja – Pacitan, akan dimulai pada 27 Agustus – 5 September 2023 untuk khusus Pacitan.

“Sekali lagi atas nama pribadi serta Pemerintah Daerah Pacitan mengucapkan rasa terima kasih untuk teman-teman Seawalls, Pangeaseed, Seawalls Indo, bersama menjaga warisan budaya laut hari ini hingga generasi mendatang,”pungkasnya.

Sebagai informasi, Kabupaten Pacitan bekerja sama dengan Seawalls Indonesia dan para seniman di Pacitan dan DI Yogyakarta menggelar kick off seni mural Seawalls Indonesia.

Kegiatan kickoff tersebut ditandai dengan aksi mural biota laut di jalur utama Pacitan-Solo di wilayah Tamperan, Pacitan pada Jumat (31/3/2023) sore.

Konsultasn seni budaya Sea Walls Indonesia, Nono Warsono saat dikonfirmasi Pacitanku.com mengatakan kegiatan Seawalls itu memiliki sejumlah kegiatan, dimana salah satu kegiatan adalah terutama mural.

“Kita temanya campaign tentang kelestarian laut, jadi fokus pada persoalan konservasi laut dengan segala biota lautnya, dan juga air pasir dan semua yang terkait dalam persoalan ekologi lautan semua nanti akan terkait dengan isu mengenai kelestarian laut,”kata Nono.

Lebih lanjut, Nono mengungkapkan kegiatan yang melakukan aksi mural di tembok jalur utama Pacitan-Solo sepanjang 100 meter itu sebagai event permulaan.

“Yang ini baru dimulai sebagai awal dari event yang akan kita selenggarakan di bulan akhir Agustus dan awal September tahun ini. Jadi ini adalah kickoff untuk mulai event seawalls ini, nanti setelah ini ada beberapa event yang lain juga itu mural, workshop maupun edukasi pada masyarakat,”pungkasnya.