Pemprov Jatim Sediakan Layanan Mudik Gratis, Ada Rute Surabaya-Pacitan dan Surabaya-Ponorogo

oleh -4 Dilihat
Ilustrasi mudik gratis Lebaran. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali menyediakan fasilitas mudik gratis bagi warga. Bahkan, warga sudah bisa mendaftarkan diri dalam program mudik gratis Pemprov Jatim mulai Senin (27/3/2023) kemarin secara online melalui laman https://mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id/.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan ada sebanyak 161 armada bus yang telah disiapkan dalam mudik gratis ini. Sebanyak 161 armada bus itu akan diberangkatkan dari Surabaya menuju ke 17 kabupaten/kota tujuan di Jawa Timur.

Tidak hanya itu, Pemprov Jatim juga menyediakan mudik gratis dengan menggunakan 1 kapal laut bagi masyarakat kepulauan. Kapal tersebut bisa menampung 2.400 penumpang dan mengangkut 400 motor lebih dengan rute Jangkar-Raas.

“Mulai hari ini, tanggal 27 Maret s.d 10 april 2023 masyarakat bisa mulai mendaftarkan diri secara online. Kami menyiapkan 161 Armada Bus untuk Mudik Gratis, 400 Kendaraan Motor siap diangkut dan Kapal Laut bagi masyarakat di wilayah Kepulauan,”kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Senin (27/3/2023).

Lalu bagaimana cara mendaftarnya? Pemprov Jatim memberi kemudahan bagi warganya untuk melakukan pendaftaran secara online maupun offline.

Warga Jatim bisa mengunjungi laman https://mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id/ hingga 10 April 2023. Nantinya, pemudik yang akan menuju kabupaten/ kota di Jatim diberangkatkan pada 19 April 2023 dari Kantor Dishub Jatim.

Khusus warga Jatim yang mengikuti mudik gratis dari Jakarta akan diberangkatkan pada 18 April 2023 menggunakan 20 bus.

Kemudian, pendaftaran offline diperuntukkan pemudik yang mengikuti mudik gratis menggunakan kapal laut. Pendaftaran berlangsung pada 1-20 April 2023 di loket operator PT. DDU di Pulau Raas dan pelabuhan Jangkar.

Adapun, keberangkatan kapal pada 16, 18, dan 20 April 2023, sementara arus balik dengan rute yang sama pada 26 dan 29 April 2023 dan 2 Mei 2023.

Dalam layanan mudik gratis Pemprov Jatim tahun ini, ada total 161 bus yang disediakan, dengan rincian 90 bus untuk tujuan 20 kabupaten/ kota 34 bus (20 bus rute Jakarta-Jatim dan 14 bus rute Jatim-Jakarta) 37 bus untuk bantuan mudik gratis kepada stakeholder.

Tak hanya itu, Pemprov Jatim juga menyiapkan satu kapal laut yang dapat menampung 2.400 orang dan mengangkut 400 motor lebih.

Dalam keterangan resmi yang diterima, mudik gratis Pemprov Jatim menyasar beberapa rute. Khusus untuk 90 bus, transportasi ini akan mengangkut pemudik menuju beberapa kabupaten/ kota di Jatim dari Kota Surabaya.

Khusus untuk 90 bus, transportasi ini akan mengangkut pemudik menuju beberapa kabupaten/ kota di Jatim dari Kota Surabaya.

Sementara itu, 34 bus lainnya digunakan Pemprov Jatim untuk membawa warganya yang tinggal di Jakarta pada arus mudik dan balik.

Selain tranportasi darat, disiapkan pula KMP Wicitra Dharma I untuk mengangkut pemudik. Kapal tersebut digunakan untuk rute Pelabuhan Jangkar, Situbondo menuju Pulau Raas, Madura sebanyak 6 kali PP dengan kapasitas 2.400 orang.

Berikut rute 90 bus dari Surabaya ke daerah lain di Jatim:

Surabaya-Banyuwangi
Surabaya-Bojonegoro
Surabaya-Bondowoso 
Surabaya-Blitar
Surabaya-Jember
Surabaya-Madiun
Surabaya-Magetan
Surabaya-Malang – Blitar
Surabaya-Nganjuk
Surabaya-Ngawi
Surabaya-Pacitan
Surabaya -Ponorogo
Surabaya-Sumenep
Surabaya–Tuban
Surabaya-Tulungagung
Surabaya-Trenggalek

No More Posts Available.

No more pages to load.