Pacitan Raih Adipura ke-15, Bupati: Ini Menjadi Kebanggaan Kita Semua

oleh -16 Dilihat
ADIPURA. Pada Rabu (1/3/2023) Piala Adipura tiba di Kabupaten Pacitan. Penyambutan anugerah bidang kebersihan dan lingkungan perkotaan itu dilaksanakan dalam sebuah Apel di halaman Pendopo Mas Tumenggung Djogokarjo. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Setelah diterimakan di Jakarta oleh Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar kepada Bupati Pacitan, pada Rabu (1/3/2023) Piala Adipura tiba di Kabupaten Pacitan.

Penyambutan anugerah bidang kebersihan dan lingkungan perkotaan itu dilaksanakan dalam sebuah Apel di halaman Pendopo Mas Tumenggung Djogokarjo.

Apel dipimpin langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dan diikuti oleh unsur Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta pimpinan perangkat daerah.

Peserta Apel terdiri dari petugas kebersihan jalan, petugas kebersihan taman, pengangkut sampah, pengelola sampah, bank sampah maupun dari kelompok masyarakat pengelola TPS 3R.

Apel sempat diwarnai hujan cukup deras. Bahkan Mas Aji meminta peserta untuk bergeser kedalam pendopo karena hujan yang tak kunjung reda. Namun, basah kuyup tak menyurutkan semangat para peserta yang tetap memilih bertahan ditengah guyuran hujan.

“Piala Adipura ini menjadi kebanggaan kita semua karena Pacitan dinilai dan diapresiasi secara nasional masuk dalam kategori kota kecil yang bersih, teduh dan lingkungannya terkelola dengan baik,”kata Bupati Aji, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Sebagai kabupaten yang menjadikan pariwisata sebagai unggulan kata Mas Aji, branding Pacitan sebagai Kota Adipura sangat penting untuk mempromosikan dan mengenalkan pariwisata yang berwawasan lingkungan.

Untuk itu, peran seluruh stakeholder sangat penting demi mewujudkan kota Pacitan yang bersih, indah dan asri. Yakni dengan membudayakan hidup bersih dan sehat serta menjaga dan mengelola lingkungan dengan baik.

“Tingkatkan terus kinerja, tetap semangat, tetap nyawiji, semoga upaya kita mengelola lingkungan dan mengelola sampah menjadi berkah,” katanya lagi.

Kabupaten Pacitan kembali meraih Piala Adipura tahun 2022 kategori kota kecil. Penghargaan ini menjadi anugerah yang ke-15 sejak pertama kali meraih Piala Adipura di tahun 1995.

Kabupaten Pacitan pernah menerima Piala Adipura secara berturut-turut mulai Tahun 1995 – 1997. Program Adipura sempat terhenti di Tahun 1998 dan kembali dicanangkan tahun 2002.

Kabupaten Pacitan kembali meraih penghargaan piala Adipura tahun 2008 dan tahun-tahun setelahnya selama 11 kali berturut-turut selalu meraih piala adipura. Setelah tahun 2018 karena pandemi covid 19 penghargaan adipura sempat dihentikan dan dimulai lagi  tahun 2022.