Badan Informasi Geospasial Sebut Ada Gunung Bawah Laut di Perairan Pacitan

oleh -3 Dilihat
Kawasan perairan Pacitan di Pantai Dangkal Kebonagung. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Lembaga pemerintah non kementerian bernama Badan Informasi Geospasial (BIG), baru saja memberikan informasi menarik bagi Pemerintah Kabupaten Pacitan.

Informasi tersebut berisi temuan gunung bawah laut di kawasan perairan Pacitan, dengan posisi berada sekitar 200 kilometer di sisi Barat Daya Pacitan.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji pada sambutannya dalam peringatan hari pers nasional Kamis (9/2/2023) lalu.

Bahkan, Pemkab Pacitan dimintai tolong untuk ikut urun saran nama gunung baru yang diperkirakan memiliki tinggi 2.300 meter dari dasar laut itu.

Bupati yang akrab disapa Mas Aji juga mengaku saat ini belum memiliki pandangan atau ide nama apa yang tepat untuk gunung yang diperkirakan berdiameter lebih dari 10 kilometer itu.

Namun, dia berharap temuan gunung bawah laut tersebut bisa menjadi berkah bagi Pacitan.

‘’Kami (mewakili masyarakat Pacitan) berdoa  semoga temuan gunung bawah laut ini adalah kabar baik dan bukan menjadi suatu ancaman. Tapi, menjadi berkah tambahan bagi kami,”ujar mantan Ketua DPRD Pacitan ini.

Mas Aji menyebut, kemunculan gunung bawah laut itu berdasarkan fenomena tumbukan antar lempeng Indo-Australia di Samudera Hindia.

Analisa tersebut disampaikan oleh BIG setelah mereka melakukan serangkaian proses survei sekaligus pemetaan dengan inventarisasi sumber-sumber alam.

‘’Mungkin ada yang mau mengusulkan nama gunung bawah laut itu? Yang jelas bukan nama orang nggih,”pungkasnya.