Khofifah Apresiasi 8 Event Jatim Masuk Kharisma Event Nusantara, Termasuk Festival Rontek Pacitan

oleh -5 Dilihat
Rontek Raung Bambu Pringkuku saat tampil dalam taping video PKN 2021, Sabtu (23/10/2021) malam. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi sebanyak 8 event Jawa Timur masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Shalahuddin Uno, Sabtu (28/1/2023) lalu di TMII Jakarta.

“Alhamdulillah, delapan event Jawa Timur berhasil masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, “kata Khofifah melalui akun Instagram terverifikasinya, Senin (30/1/2023).

Lebih lanjut, Khofifah mengungkapkan Jawa Timur menjadi provinsi dengan penyumbang event festival terbanyak nasional dalam Karisma Event Nusantara 2023.

Dia berharap dengan sumbangan event Jatim di KEN 2023 bisa membawa kebaikan dan keberkahan bagi masyarakat Jawa Timur yang diharapkan mampu mendorong dan menggerakkan ekonomi daerah.

“Delapan event Jawa Timur yang masuk KEN 2023 antara lain Festival Ketupat di Kabupaten Lamongan pada tanggal 27-28 April, Festival Rujak Uleg di Kota Surabaya pada 7 Mei, Festival Kresnayana Kabupaten Blitar 10 Juni dan Festival Wayang Air Kabupaten Malang 9-10 Juni,”imbuh Khofifah.

Event selanjutnya, kata dia, yaitu Banyuwangi Ethno Carnival pada 8 Juli, Festival Nasional Reog Ponorogo XXVIII pada 14-18 Juli, Jazz Gunung Bromo di Kabupahen Probolinggo pada 21-22 Juli, Batu Street Food Festival (BSFF) 4-6 Agustus, Jember Fashion Carnaval (JFC) 4-6 Agustus, Festival Kota Tua di Gresik pada 28 Oktober.

“Menjelang akhir tahun, akan kita ramaikan dengan East Java Fashion Harmony di Kota Batu tanggal 3-4 November. Kemudian Festival Rontek Pacitan 2023 tanggal 17-19 November. Mudah-mudahan berjalan lancar dan sukses semua event. Amin,”pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Hudiyono, mengaku bangga dan senang karena delapan festival di Jatim masuk KEN 2023.

KEINDAHAN PACITAN. Gubernur Khofifah saat berada di Sentono Genthong pada Selasa (10/1/2023). (Foto: Istimewa)

“Dari sembilan yang kami usulkan, yang lolos dan masuk KEN 2023 ada delapan. Ini festival dengan jumlah terbanyak,” kata Hudiyono mengutip siaran pers Kominfo Jatim.

Ia menjelaskan, Kharisma Event Nusantara merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh daerah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Selain itu sebagai program pemberdayaan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan.

Pria yang akrab disapa Cak Hud itu menuturkan, selain delapan festival yang masuk KEN 2023 juga ada 242 even festival pariwisata dan budaya yang masuk Kalender Wisata Jawa Timur 2023.”Total ada 250 even festival. Delapan diantaranya masuk KEN 2023,” jelasnya.

Ia berharap, dengan banyaknya event dan festival mampu meningkatkan kunjungan wisata di Jawa Timur.

“Sesuai target dan harapan Ibu Gubernur, tahun 2023 ini harus ada peningkatan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara. Semoga 250 even dalam Kalender Wisata Jawa Timur 2023 yang juga menjadi bagian dari program Dinas Pariwisata kab/kota bisa memberikan dampak pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya Jawa Timur,” pungkasnya.

Video Festival Ronthek Pacitan Diharapkan Mampu Promosikan Budaya Daerah