Kadisparbudpora Pacitan: Festival Ronthek Diharapkan Mampu Promosikan dan Sebarluaskan Seni Budaya Daerah

oleh -Dibaca 925 kali
SEMARAK. Festival Ronthek Pacitan pada hari pertama, Jumat (16/12/2022) malam berlangsung semarak. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Pacitan Turmudzi mengharapkan Festival Ronthek Pacitan yang kembali digelar tahun 2022 ini mampu meningkatkan promosi budaya Pacitan.

Hal itu disampaikan oleh Turmudzi saat memberikan sambutan dalam pembukaan Festival Ronthek Gedhen pada Jumat (16/12/2022) malam.

“Tujuan pelaksanaan Festival Ronthek ini adalah meningkatkan kreativitas, produktivitas serta kualitas para seniman di kabupaten Pacitan,”kata Turmudzi.

Baca juga: Lima Tim Semarakkan Festival Ronthek Pacitan 2022 Hari Pertama, dari ‘Metamorfosa’ Hingga ‘Baung Tengoro’

Selain itu, Turmudzi juga berharap Festival Ronthek 2022 ini bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan dan apresiasi budaya para seniman daerah dan pemerhati seni dan masyarakat pada umumnya.

“Juga mempromosikan dan menyebarluaskan produk karya budaya daerah yang bernuansa daerah,”tandas Turmudzi.

Di sisi lain, dia berharap Festival Ronthek ini diharapkan bisa meningkatkan kesatuan dan persatuan sesama anak bangsa dalam semangat melestarikan seni budaya lokal.

Dalam kesempatan itu,Turmudzi mengungkapkan dalam Festival Ronthek 2022 ini yang memiliki sedikit perbedaan dibanding penyelenggaraan edisi tahun 2019. Dimana jumlah peserta hanya 12 tim perwakilan 12 Kecamatan di Pacitan.

“Peserta diikuti 12 peserta dari perwakilan masing- masing kecamatan,”ujarnya.

Sementara untuk kejuaraan juga memiliki perbedaan dibanding edisi tahun 2019. Pada tahun ini, kejuaraan diambil berdasarkan nominasi tiga penyaji terbaik non rangking, empat penyaji unggulan non rangking lima penyaji harapan non rangking.

Pada semarak hari pertama, sebanyak lima tim dari lima Kecamatan di Pacitan menunjukkan kebolehannya di hadapan puluhan ribu pemirsa, baik yang menonton secara langsung maupun melalui tayangan live streaming Youtube Pemkab Pacitan.

Adapun tim yang tampil di hari pertama adalah  Ronthek dari wakil dari Kecamatan Pacitan dengan judul Metamorfosa. Penampilan kedua dilanjutkan dari Ronthek Ki Sumodisastro Kecamatan Sudimoro dengan judul Ruwatan Kologanjur.

Penampilan ketiga pada hari pertama dilanjutkan Ronthek Argo Jalu Kecamatan Kebonagung dengan judul keindahan alam kutho Pacitan.

Tampilan keempat yang merupakan grup ronthek Bantaran Srodho Desa Karangrejo Kecamatan Arjosari dengan tema Arjosari bumi santri.

Tampilan Ronthek hari pertama ditutup oleh seni ronthek Baung Tengoro Desa Bungur Kecamatan Tulakan.

Cukup mengagetkan sekaligus sebagai hiburan yang sangat menyenangkan, karena ada suara hewan serigala dari grup ronthek ini. Tentu saja itu sebagai salah satu pernak-pernik hiburan Ronthek yang menghibur masyarakat.

Setelah lima tampilan pada hari pertama, festival Ronthek masih akan berlanjut pada hari Sabtu (17/12/2022) malam yang menampilan tujuh peserta dari tujuh kecamatan.

No More Posts Available.

No more pages to load.