Keren, Pacitan Raih Juara Harapan I Kompetisi PLUT Nasional Kemenkop UKM

oleh -Dibaca 1,025 kali
JUARA HAPARAN I. Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Pacitan meraih prestasi nasional dalam pemenang Kompetisi PLUT KUMKM 2022 dengan kategori PLUT Terhebat. (Foto: Dok. PLUT Pacitan for Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Pacitan meraih prestasi nasional dalam pemenang Kompetisi PLUT KUMKM 2022 dengan kategori PLUT Terhebat dan Konsultan Pendamping Terinovatif, yang diselenggarakan di Jakarta, Senin (12/12/2022).

Kepala PLUT Pacitan Ali Musthofa dalam keterangannya kepada Pacitanku.com, Rabu (14/12/2022) di Pacitan mengatakan ada enam Finalis PLUT Terhebat antara lain PLUT KUMKM Provinsi Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kabupaten Subang, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Sukoharjo.

“Dalam puncak acara kompetisi PLUT KUMKM diumumkan pemenang kompetisi dari 6 finalis, dan PLUT KUMKM Kabupaten Pacitan menjadi juara harapan 1 untuk PLUT Terhebat,”kata Ali.

Lebih lanjut, Ali menuturkan Kompetisi PLUT KUMKM 2022 dengan kategori PLUT Terhebat menampilkan inovasi program yang dapat diimplementasikan dalam rangka pengembangan UMKM di daerah.

Pacitan, kata Ali, menampilkan program unggulan kompetisi PLUT terhebat dari PLUT KUMKM Pacitan adalah program akselerasi cepat inkubasi personal atau disingkat ’Pace Baper.’

“Pace Baper dengan output 4 M yaitu memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB), memiliki Standart Operational Procedure (SOP), memiliki branding dan memiliki marketing/pemasaran, dan ini yang menjadi salah satu inovasi yang diperhitungkan di tingkat nasional sehingga berhak menjadi salah satu peraih juara harapan 1 untuk PLUT Terhebat,”jelasnya.

Dalam perjalanan kompetisi ini, Ali mengatakan PLUT Pacitan menyiapkan persyaratan administrasi, pembuatan video profil dan menyusun kurikulum untuk bahan presentasi di grand final.

“Hasil ini karena kerja keras dan kekompakan tim PLUT Pacitan dalam menyiapkan bahan untuk penilaian ditengah kesibukan tugas dalam pelayanan setiap harinya,”kata pria yang merupakan Kepala Bidang (Kabid) UMKM Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindustrian (Dikuperin) Pacitan ini.

Sementara dalam sambutannya, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan bahwa para finalis telah berhasil mengimplementasikan konsep New PLUT yang telah dicanangkan sejak Januari 2022.

Adapun sebanyak enam finalis PLUT Terhebat antara lain PLUT KUMKM Provinsi Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kabupaten Subang, Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Sukoharjo.

Sedangkan kategori Pemenang PLUT Terhebat diraih oleh Juara 1 dari Sulawesi Selatan, Juara 2 dari Sumatera Barat dan Juara 3 dari Kabupaten Subang.

Selain itu, terdapat enam finalis konsultan pendamping terinovatif antara lain PLUT KUMKM Kota Batu Alan Wahyu, Kabupaten Jember Bhakti Dharmawan, Kabupaten Cianjur Bobby, Provinsi DIY Fitria Agustin, Kabupaten Jembrana Luh Putu Diah Puspayanthi, Kota Batam Marlina Ramli.

Sebagai informasi, PLUT adalah unit teknis yang memberikan layanan pendampingan usaha yang inklusif dan pemberdayaan lainnya kepada koperasi, UMK, dan wirausaha secara komprehensif dan terpadu melalui sejumlah fungsi layanan utama.

Layanan tersebut antara lain berupa layanan pendaftaran dan perizinan usaha, konsultansi dan pendampingan bisnis, promosi dan pemasaran produk, pelatihan teknis dan manajerial, inkubasi bisnis, co-working space, seleksi dan kurasi, penguatan sinergi dan fasilitasi pendukung wirausaha lainnya.