Rumah Pasutri di Sudimoro Rusak Berat Dihantam Longsor

oleh -Dibaca 1,289 kali
BANGUNAN RUSAK. Rumah milik Katni warga Karangmulyo Sudimoro rusak berat tertimpa material longsor. (Foto: Trinoto for Pacitanku)

Pacitanku.com, SUDIMORO – Rumah milik Katni dan Jumiatin, warga Dusun Bandu, Desa Karangmulyo, Kecamatan Sudimoro rusak berat tertimpa material longsor yang datang dari tebing puluhan meter di belakang rumahnya pada Minggu (9/10/2022) dini hari WIB.

Seluruh bangunan rumah Katni dan Jumiatin rusak berat diterjang longsor dari tebing setinggi sekitar 50 meter di belakang rumahnya. Beruntung penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri.

Baca juga: Waspada Cuaca Esktrem di Jatim Sepekan ini

Jumiatin menuturkan, peristiwa yang terjadi pada Minggu dini hari itu berawal saat hujan deras terjadi di wilayah itu selama 12 jam yang mengakibatkan tanah labil dan terjadi tanah longsor.

Saat kejadian, Jumiatin mengaku mendengar suara runtuhan kecil, yang  kemudian dia mengajak suaminya mengevakuasi barang berharga.

Selang beberapa  menit kemudian, longsor dengan intensitas lebih besar menghantam rumahnya. Mujiatin bersama suaminya hanya melihat runtuhnya bangunan dari halaman rumahnya. Longsor tersebut juga mengakibatkan sebagian besar barang miliknya tertimbun longsor.

“Waktu itu saya tidur di kamar tengha, ada krutukan (suara longsor), ada pertama kali ndak terlalu kencang, ada longsor pertama saya langsung bangun, tidur lagi dan (terjadi) longsor kedua (lebih) keras dan saya mengajak suami saya keluar menyelamatkan diri dan barang-barang berharga,”kata Jumiatin saat dikonfirmasi awak media pada Selasa (11/10/2022) siang.

Tak hanya itu, setelah terjadi rerntuhan ketiga, Jumiatin menyelamatkan barang-barang berharga dan melarikan diri ke rumah saudaranya.

“Setelah itu saya melarikan diri ke rumah sebelah ke adik saya, saya bernaung disitu. Setelah itu tidak bangunin orang karena keadaan masih malam, yang penting selamat dengan suami saya,”ujarnya.

Pada Selasa (11/10/2022) siang, Katni bersama kedua anaknya masih berupaya mengevakuasi sisa bangunan  yang masih bisa digunakan

Khawatir ada potensi longsor susulan, untuk sementara saat malam hari, mereka mengungsi di rumah saudaranya. Jumiatin tidak berani menempati rumahnya lagi, karena selain bangunannya sudah rusak berat, juga takut terjadi longsor susulan.

“Sekarang mengungsi di tempat saudara, nggak berani ya kemungkinan bisa terjadi (longsor) lagi, kayaknya saya tidak berani tinggal disini, kalau siang kesini hewan-hewan masih disini, ada kambing nanti kalau malam ke tempat saudara,”pungkasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data yang dihimpun Pacitanku, Desa Karangmulyo, Kecamatan Sudimoro terdampak cukup banyak dalam kejadian bencana tanah longsor yang terjadi pada Sabtu (8/10/2022) hingga Minggu (9/10/2022) kemarin.

Data yang dihimpun, untuk Dusun Krajan Desa Karangmulyo, bencana tanah longsor menimpa rumah 6 Kepala Keluarga (KK), Dusun Baras 9 KK, Dusun Tengger 9 KK, Dusun Bandu 8 KK termasuk rumah Katni dan Dusun Karangsono menimpa rumah 5 KK.

Selain menimpa rumah puluhan KK, longsor di Desa Karangmulyo juga merusak satu bangunan Poliklinik Desa (Polindes) setempat.

No More Posts Available.

No more pages to load.