Gubernur Jatim Pastikan Pemerintah Komitmen Penuh Usut Tragedi Kanjuruhan yang Memakan Korban Ratusan Jiwa

oleh -0 Dilihat
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Menko PMK Muhadjir Efendy, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Zainudin Amali, Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat meninjau Stadion Kanjuruhan Malang, Minggu (2/10/2022). (Foto: Dok Pemprov Jatim)

Pacitanku.com, MALANG – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa pemerintah secara sinergis serius dan berkomitmen untuk mengusut tuntas  tragedi Kanjuruhan yang telah menewaskan sebanyak 125 orang usai Laga Derby Jatim Arema vs Persebaya.

“Yang ingin saya sampaikan bahwa hadirnya pejabat  pemerintah pusat penanda  kuatnya komitmen melakukan investigasi hingga tuntas terkait  insiden di Kanjuruhan. Pun begitu dengan Pemprov, Pemkab maupun Pemkot, kami bersama sama akan fokus dan memastikan bahwa pelayanan terbaik diberikan pada para korban insiden Kanjuruhan baik yang meninggal dunia, luka berat maupun luka ringan,” tandas Gubernur Khofifah, usai meninjau Stadion Kanjuruhan Malang, Minggu (2/10/2022) malam dikutip dari laman Kominfo Jatim.

Baca juga: Wagub Jatim: Banyak Pengunjung di Crisis Center Peristiwa Kanjuruhan Laporkan Kehilangan Kontak Keluarga

Khofifah menegaskan bahwa yang masih dirawat di rumah sakit, semua biaya perawatan ditanggung oleh pemerintah. Sehingga dipastikan bahwa mereka yang tengah menjalani perawatan tidak mengalami kendala khususnya biaya.

“Seluruh layanan kesehatan yang diberikan untuk para korban insiden Kanjuruhan, baik yang ada di rumah sakit di Kabupaten Malang, Kota Malang, RS Saiful Anwar milik Pemprov Jawa Timur, semua atas tanggungan pemerintah. Untuk RSSA misalnya menjadi tanggungan Pemprov Jatim,”jelas Khofifah.

Tak hanya itu, Gubernur Khofifah menyampaikan, Pemprov Jawa Timur juga telah memberikan santunan takziah secara  bertahap  bagi korban meninggal dunia masing-masing sebesar Rp10 juta. Khofifah juga memastikan akan mempercepat agar santunan takziyah segera diterima oleh keluarga ahli waris.

“Bagi yang meninggal dunia Pemprov telah menyampaikan bertahap secepat mungkin  untuk memberikan santunan takziyah  masing-masing Rp10 juta. Kalau warga Kota Malang, maka Pemkot Malang juga memberikan Rp10 juta. Kalau warga Kabupaten malang maka dari Pemkab Malang Rp 10 juta dan dari Bank Jatim Rp 5 juta,” jelas Khofifah. “Dan untuk yang luka berat kami memberikan tambahan untuk keluarga sebesar Rp 5 juta,”imbuhnya.

Baca juga: Ratusan Orang Jadi Korban Tragedi Sepakbola di Kanjuruhan, Presiden Minta PSSI Hentikan Liga 1

Lebih lanjut disampaikan gubernur perempuan pertama Jatim ini, Pemprov Jatim juga akan mengawal pengusutan tuntas terkait penyebab insiden Kanjuruhan yang dilakukan oleh jajaran terkait. Sebab insiden ini menjadi duka mendalam tak hanya bagi Jatim tapi juga duka sepak bola Indonesia.

Secara khusus Gubernur Khofifah juga mengajak masyarakat Jatim untuk melakukan salat ghaib untuk para korban yang meninggal dunia. Salat ghaib bisa dilakukan secara terkordinir oleh masing-masing elemen masyarakat untuk mendoakan agar mereka yang meninggal dunia mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT

“Secara khusus saya mengajak seluruh warga Jawa Timur untuk menyempatkan salat ghaib bagi para korban insiden Kanjuruhan yang meninggal dunia. Kita doakan bersama mereka mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT,” tandas Khofifah.

Secara khusus Gubernur juga menyesalkan terjadinya insiden yang menewaskan ratusan orang tersebut.”Peristiwa ini harus menjadi pembelajaran dan pendewasaan kita bersama, seluruh insan olahraga dan pecinta sepakbola Indonesia agar menjunjung tinggi sportivitas dalam setiap pertandingan,”ujar dia.

Gubernur Khofifah menyebut insiden Kanjuruhan, tidak hanya menjadi duka Jawa Timur, namun juga duka Indonesia dan duka dunia olah raga. Gubernur Khofifah pun berharap kejadian ini tidak terulang di masa yang akan datang.”Jangan sampai kejadian ini terulang dikemudian hari,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah juga menyampaikan belasungkawa kepada seluruh keluarga korban dan keluarga.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur, kami menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada seluruh korban dan keluarga. Semoga amal ibadah seluruh korban diterima oleh Allah SWT dan keluarga korban diberikan ketabahan dan keikhlasan. Yang dirawat di rumah sakit semoga lekas sembuh.  Aamiin YRA,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.