Pacitan Siap Sukseskan Registrasi Sosial Ekonomi 2022

oleh -Dibaca 1,147 kali
RAPAT KOORDINASI. BPS Pacitan dan stakeholder terkait menggelar rapat korodinasi menyukseskan Regsosek 2022. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pacitan bekerja sama dengan berbagai stakeholder siap menyukseskan Registrasi Sosial Ekonomi (Reksosek) 2022 untuk mewujudkan upaya Pemerintah mewujudkan satu data terintegrasi.

Salah satu tahapan awal Regsosek 2022 adalah dengan koordinasi pendataan awal Regsosek 2022 yang diharapkan dengan adanya Regsosek itu akan mencakup profil sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat secara terintegrasi.

Kegiatan koordinasi tersebut digelar oleh BPS Pacitan sebagai pelaksana lapangan Regsosek 2022 yang memulai korodinasi dengan stakeholder terkait di Pacitan.

Kepala BPS Pacitan Wisma Eka Nurcahyanti, menjelaskan Regsosek 2022 nantinya akan menghasilkan basis data penduduk untuk kepentingan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

“Regsosek 2022 yang akan menghasilkan basis data penduduk untuk kepentingan sosial dan pemberdayaan masyarakat,”kata Wisma.

Lebih lanjut, Wisma juga menjelaskan terkait luasnya cakupan pemanfaatan hasil Regsosek 2022 yang merupakan gabungan dari 6 lembaga.

“Gugus tugas Regsosek 2022 adalah gabungan dari 6 Kementerian dan Lembaga, yaitu Bappenas, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Desa dan PDTT, BPS dan Kementerian Keuangan,”tandas dia.

Wisma mengatakan pemanfaatan hasil pendataan ini sangat luas mencakup kementrian dan lembaga sehingga harus saling bantu dan mensukseskan bersama.

Perempuan kelahiran Pacitan ini juga menjelaskan dengan data Regsosek maka dapat menghasilkan data yang terintegrasi serta mengakiri duplikasi data.

“Intinya kegiatan ini hadir untuk menghadiri duplikasi data, mengakhiri duplikasi data, dan mewujudkan integrasi program. Regsosek mencatatat untuk membangun negeri mewujudkan satu ddata program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat,”jelas dia.

Wisma menjelaskan bahwa Regsosek 2022 terbagi atas 6 kegiatan dengan melibatkan semua stake holder.

“Dan mengawali dengan rakorda ini dengan tujuan mendapat dukungan dari seluruh pihak untuk turut mensosialisasikan dan mengawal dalam Regsosek 2022,”tandasnya.

Sementara, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dalam sambutannya yang ditayangkan melalui video berharap kegiatan Regsosek ini bisa menyajikan data yang akurat.

Bupati yang hadir dalam koordinasi diwakili oleh Asisten Ahli Tri Mudjiharto juga berharap dengan Regsosek ini bisa menghindarkan dari data ganda kependudukan.

“Mencatat membangun negeri dengan satu data, data ini harapanya menjadikan satu pintu dengan harapan tidak terjadi lagi data ganda. Dengan satu data ini kita bisa membangun negeri sebaik-baiknya,”kata Tri.