Mengejutkan, Ditemukan Goa Baru di Pacitan Saat Proyek Penyiapan Lahan Puskesmas Candi

oleh -Dibaca 9.265 kali
ADA GOA BARU. Penemuan goa baru saat proyek penyiapan lahan Puskesmas Candi, Pringkuku. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Predikat Pacitan sebagai kota ‘1001 goa’ semakin mendekati kenyataan. Hal itu terjadi saat adanya penemuan goa baru di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku.

Kepastian ditemukannya Goa baru di Pacitan ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Trihariadi Hendra Purwaka selaku Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penanggungjawab penyiapan lahan Puskesmas Candi.

Pria yang akrab disapa dr Hendra itu mengatakan penemuan goa baru itu terjadi saat penyiapan lahan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Candi.

Dia mengatakan penemuan itu mengejutkan banyak pihak. Pasalnya  di lahan proyek penyiapanPpuskesmas tersebut di temukan sebuah goa baru yang belum terjamah.

“(Penemuan goa) itu betul dan masih dikaji, pada saat penyiapan lahan calon puskesmas Candi ternyata ditemukan rongga tanah, tadinya itu kecil ketika di eksplore terus ada rongga tanah,”ujar dr Hendra, Sabtu (10/9/2022).

Ia menjelaskan saat dilakukan pengerukan ternyata di temukan sebuah rongga dan akhirnya diteulusura karena pekerja proyek penasaran. ” Saat dikeruk dan di ratakan, landscaping dan sesuai dengan traping-traping di atas jalan,”ujar dia.

Lebih lanjut, dr Hendra mengungkapkan dengan beberapa instansi terkait sudah melakukan survey dan pengkajian. Namun masih menunggu hasil kajian tersebut.

“Kami juga sudah mensurvey dan terus mengkaji, apakah lahan tersebut akan terus digunakan untuk penyiapan lahan puskesmas atau dihentikan, nanti tentu akan dikaji apakah ada potensi ekonomis terkait adanya nilai pariwisata atau tidak,”jelas dia.

Selain itu, Hendra juga terus berkoordinasi dengan instansi terkait kemungkinan adanya potensi ekonomis di goa baru tersebut. “Saat ini masih terus berkoordinasi dengan beberapa instansi apakah lahan tersebut layak di teruskan atau tidak,”paparnya.

Sementara untuk penyiapan lahan Puskesmas, kata dia, akan dilakukan lebih lanjut. Penemuan ini, kata dia, juga tidak membahayakan pengerjaan proyek tersebut.

“Dari mapping itu kan dari pinggir jalan ke arah timur dan selatan dan karena sudah kontrak yang sebelah selatan dan barat tetap dikerjakan selama ini tidak membahayakan pekerjaan, jadi artinya penyiapan lahan masih berlanjut,”jelasnya.

Sambil menunggu apakah proyek itu dihentikan, pihaknya melakukan koordinasi secepatnya kaitan dengan penemuan goa baru di Pacitan ini.

“Tentu sembari menunggu hasil kajian masih lanjut dan sebelum ada keputusan dihentikan, makanya ini secepatnya masih koordinasi untuk segera mengambil keputusan berkaitan hal tersebut, sekali lagi jika ada nilai ekonomisnya dan secara teknis tidak layak dibangun ya di hentikan untuk dikaji lebih lanjut,”pungkas dr Hendra.