Ketua DPRD Pacitan: Jika Subsidi BBM Dihapus, Perlu Ada Skema yang Menguntungkan Bagi Masyarakat

oleh -Dibaca 1,214 kali
Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono memberikan pendapatnya terkait rencana penghapusan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang digulirkan pemerintah pusat.

“Kalau menurut saya pribadi, memang diperlukan beberapa skema, kalau kita ketahui bersama, subsidi BBM kan dinikmati semua pihak, semua kalangan baik kaya miskin semua menikmati, pemerintah tentunya kami pemerintah mengambil skema yang kira-kira bisa menguntungkan bagi yang membutuhkan,”katanya saat ditemui Kamis (1/9/2022) di Pacitan.

Bagi yang mampu, Ronny menyebut mereka bisa membeli sesuai harga yang ada di pasar. Dengan demikian, imbuhnya, akan ada subsidi silang.

“Jadi harapan kami subsidi BBM ini kalau memang mau dihapus atau dikurangi, harus disiapkan untuk benar-benar yang membutuhkan, sehingga menjadi subsidi yang tepat sasaran,”ungkap legislator Partai Demokrat ini.

Jangan sampai, kata dia, kenaikan harga BBM bersubsidi yang menyebabkan inflasi ini membuat masyarakat semakin menjerit.“(skema) ini harus disiapkan lebih oleh pemerintah,”ujarnya.

Dalam konteks lokal Pacitan, Ronny juga menyampaikan jajarannya sudah memberikan masukan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) agar bisa mengatasi inflasi.

“Ada dalam belanja tidak terduga anggaran untuk mengendalikan inflasi di Pacitan, di Pacitan itu ada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), harapannya nanti dana untuk mengendalikan inflasi agar sebisa mungkin menekan jangan sampai terlalu tinggi,”ujarnya.

Karena, kata Ronny, adanya kenaikan harga BBM nantinya akan memicu inflasi kenaikan barang-barang kebutuhan yang lain.“Juga akan berdampak ke masyarakat, apalagi masa recovery dari masa pandemik, disinilah fungsinya pemerintah agar melindungi masyarakat,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.