Perantau Sukses dari Pacitan Didorong Beri Kontribusi Lebih Membangun Kampung Halaman

oleh -Dibaca 1,341 kali
Suparno pemilik Virgin Beach dan Istana Parnaraya Wonogiri. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Founder Istana Parnaraya dan Kitagawa Pesona Bali, Suparno yang juga merupakan pengusaha sukses mendorong perantau sukses dari Kabupaten Pacitan untuk memberikan kontribusi lebih dalam membangun kampung halamannya.

Hal itu disampaikan Suparno saat dikonfirmasi Pacitanku.com di sela-sela menghadiri kegiatan Overland 4×4 edisi ke-11 di Pacitan, baru-baru ini.

“Jadi semangat masyarakat itu masih ada di hampir semua tempat, jadi cara menggerakkan mereka menurut saya gak sulit, karena mereka punya semangat, tinggal perantau, para orang sukses tidak ada salahnya kita berkontribusi membantu pemerintah, dari sektor swasta juga membantu saudara-saudara di kampung,”kata Suparno.

Pemilik Virgin Beach Pantai Srau, Pringkuku ini menyebut kondisi dua Kabupaten di Jateng dan Jatim, memiliki kemiripan, utamanya dalam hal para perantaunya.

“Pacitan dan Wonogiri itu mirip, jadi boleh dbilang boleh 20 persen merantau, dari Jakarta, mungkin di Pekanbaru, saya berharap teman-teman yang sukses, yang kira-kira secara finansial sudah bagus tidak ada salahnya membantu masyarakat yang ada di kampung, tidak hanya dalam bentuk materi, tetapi bagaimana menciptakan ilmu-ilmu di kampung,”jelasnya.

Kontribusi itu, kata dia, bisa dari dunia otomotif yang bisa dikembangkan di daerah, produk makanan, hingga dunia pembangunan, seperti pertanian dan juga ekonomi kreatif bisa dikembangkan pemuda daerah.

“Artinya sangat bisa, sangat bisa, putra Pacitan banyak sekali yang sukses di kota besar, sehingga syukur Pemda Pacitan dan Wonogiri bisa mengundang teman-teman yang perantau, kira-kira apa yang bisa dibeirkan kampung seperti ini tumbuh ekonominya, dan perputaran ekonomi akan tumbuh di daerah-daerah,”ujarnya.

Jangan sampai, kata Suparno, kondisi dimana suasana sepi di daerah-daerah, yang ada tinggal warga dengan usia 50-60 tahun, tentu hal itu menjadi hal yang memprihatinkan.

“Kasihan banget, sehingga saya hanya mengajak kepada teman-teman semua, karena saya bukan orang politik, ini yang bisa implementasikan yang saya bisa berikan untuk masyarakat di kampung kami,”ujar dia.

Sebagai contoh, kata Suparno, kegiatan Indonesia Overland 4×4 yang sukses digelar di Pacitan menjadi salah satu contoh bentuk sinergi dengan masyarakat Pacitan.

“Produk yang dibuat masyarakat itu habis dibeli, artinya ada perputaran barang dan uang disini, dan ini juga akan menumuh kembangkan ekonomi di daerah, mereka (masyarakat lokal) membuat sesuatu, dan tentu mereka akan lebih kreatif lagi membuat produk-produk yang bisa dipasarkan di kota lain,”pungkasnya.

Suparno sendiri adalah salah satu pengusaha di sektor wisata yang terbilang sukses. Kini dirinya memiliki destinasi pariwisata Istana Parnaraya dan Kitagawa Pesona Bali di Kebonagung, Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri.

Sementara di Pacitan, Suparno juga memiliki destinasi wisata Virgin Beach yang berlokasi di Dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku.