KPU Pacitan Siapkan Proses Verifikasi Administrasi Parpol Peserta Pemilu 2024

oleh -Dibaca 1,099 kali
Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan tengah menyiapkan tahapan proses verifikasi administrasi Partai Politik (Parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Sebagai informasi, pada Ahad (14/8/2022) malam pukul 24.00 WIB, sebanyak 40 partai politik secara resmi mendaftar di KPU RI.

“Ya sampai dengan (Ahad) tadi malam sesuai rilis sampai pukul 23.59 WIB dan ditutupnya proses pendaftaran ada 40 partai politik yang mendaftar di KPU RI serta 7 partai lokal aceh,”kata Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini saat berbincang dengan Pacitanku.com, Senin (15/8/2022) di Pacitan.

Perempuan yang akrab disapa Rini juga menjelaskan dari 40 partai politik ada 24 partai yang dinyatakan lengkap dan sisanya masih dalam tahap pemeriksaan. “Dari 40 parpol itu rilis yang disampaikan KPU RI ada 24 yang dinyatakan lengkap berkasnya sedang sisanya masih dalam tahap  pemeriksaan,”jelasnya.

Dalam konteks Kabupaten Pacitan sendiri, Rini mengatakan KPU masih terus melakukan identifikasi terhadap partai baru tersebut.

“Untuk di Pacitan partai baru masih terus diidentifikasi, sedangkan partai peserta pemilu 2019 kita sudah ada komunikasi. (Senin) malam ini rencana ada sosialisasi sekaligus rapat dengan Parpol berkaitan verifikasi administrasi,”jelasnya.

Selain itu, Rini mengatakan mulai Selasa (16/8/2022), pihaknya akan melakukan tahapan verifikasi administrasi.

“(Selasa) besok, akan mulai verifikasi administrasi keanggotaan Parpol, dan kita menunggu dari KPU RI berkaitan data politik Parpol melalui Sipol,”kata Rini.

“Tentu nanti ada surat mandat dari parpol pusat yang ditunjuk menjadi LO dan itu menjadi dasar untuk melanjutkan seleksi administrasi,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.