Mantap, Desa Gondosari Punung Sedang Kembangkan Agrowisata Sektor Pertanian

oleh -Dibaca 1,569 kali
Luas tanah kurang lebih 25 hektar itu didominasi dengan tanaman padi, selain itu juga terdapat sungai yang memberikan esensi alam lebih terasa. (Foto: Endang Pratiwi/PKL STKIP PGRI Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Sumber Daya Alam (SDA) di Desa Gondosari, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan miliki potensi besar untuk dijadikan Agrowisata, terutama pada sektor pertanian tanaman padi. Hal itu ditegaskan oleh Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) setempat, Murniyanto.

Murniyanto mengatakan potensi sektor pertanian padi di desanya, dalam proses pengolahannya tak pernah berhenti di setiap musimnya.

Selain itu pesona alam yang masih asri dan alami, merupakan daya tarik tersendiri yang layak dikunjungi wisatawan.

Murniyanto saat dikonfirmasi Rabu (10/8/2022) mengungkapkan bahwasannya SDA di Desa Gondosari sangat mendukung untuk dijadikan sebagai Desa Wisata.

Hal tersebut karena juga didukung dengan adanya kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik untuk dapat menciptakan, mengelola, mengemas, dan menyajikan kawasan agrowisata yang unik.

“Saat ini kami juga telah memulai tahap demi tahap  pembangunan-pembangunan yang arahnya menuju agrowisata, seperti halnya pembuatan saluran air,”ujar Murniyanto.

Pemuda-pemuda di Desa Gondosari juga telah digerakkan untuk mengikuti berbagai pelatihan di bidang pertanian, guna menunjang perkembangan hasil pertanian yang lain.  

“Selain dukungan dari pemerintahan desa, kami juga mendapat dukungan dari berbagai pihak, seperti Dinas Pertanian, Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA),”imbuhnya.

Terpisah, Rio (24) pemuda Desa Gondosari juga telah andil dalam pembangunan Desa Wisata. Dia  mengikuti pelatihan program Yess dengan mengambil pembibitan tanaman buah-buahan.

“Dengan adanya pelatihan yang saya ikut ini, semoga hasil pertanian di Desa Gondosari semakin tumbuh subur dan dapat memberikan manfaat untuk warga masyarakat sekitar,”ungkap Rio.

Dia berharap, Desa Gondosari termasuk kategori Desa mandiri, yang artinya kedepan harus punya sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) sendiri.

“Dan harapan kedepan dengan adanya agrowisata yang telah terbangun dapat menunjang pertumbuhan ekonomi kreatif di bidang pertanian dan tetap menjaga stabilitas ketersediaan pangan,”pungkasnya.