Peringatan Tahun Baru Islam dan HUT ke-77 RI, Jamaah Masjid Nurul Iman Jatigunung Gelar Pengajian Umum

oleh -Dibaca 1,883 kali
Memperingati tahun baru Islam 1444 Hijriah dan memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke-77. (Foto: Meilisa Tria Hapsari/PKL STKIP PGRI Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Ribuan orang menghadiri pengajian umum yang digelar oleh jamaah Masjid Nurul Iman di Dusun Krajan 1, Desa Jatigunung, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati tahun baru islam 1444 Hijriah dan memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke-77.

Bertempat di Lapangan Jambon Desa Jatigunung, pada Jumat malam (5/8/2022), Camat Tulakan Agung Dwi Cahyono selaku Camat Kecamatan Tulakan menyampaikan sambutan dan berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara.

“Ucapan terimakasih saya ucapkan sebesar-besarnya kepada Pemerintah Desa Jatigunung beserta panitia yang telah melaksanakan pengajian ini untuk memberikan siraman rohani kepada kita sekalian,” ucap Agung Dwi Cahyono.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengajian umum bersama KH. Doeri Asy’Ari dari Kota Semarang.

Dalam pengajian tersebut, para jamaah diajak untuk mendalami hubungan sholat,kitab dan sholawat.

“Tidak disebut sholat jika tidak baca aathahiyat, tidak disebut aathahiyat jika tidak baca sholawat.” Ucap KH. Doeri Asy’Ari.

Supaya Al-Quran tertanam di hati, ada tiga cara yang bisa ditempuh yaitu melalui mata, telinga, dan mulut.

“Supaya Al-Quran tertanam di hati, jalan tolnya ada 3. Lewat mata namanya membaca. Barang siapa membaca, pasti melihat, pasti mengingat. Lewat telinga maknanya mendengarkan. Lewat mulut namanya menghafalkan,”tutur Kyai asal Semarang tersebut.

Selain itu, untuk memeriahkan acara turut diundang juga group syaiddil mustofa dari Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo.

Pengajian umum ini dihadiri oleh Camat Tulakan, Forkopimca (Forum Koordinasi Pimpinan Cabang), Kepala Desa Jatigunung beserta perangkatnya, Takmir masjid dan mushola beserta jamaahnya kurang lebih 250 jamaah, dan kehadiran jamaah umum sebanyak 1.500 jamaah.

Selain itu, sebanyak 100 personil dari Banser, Linmas desa dan karang taruna juga dikerahkan untuk membantu pengamanan acara. 

No More Posts Available.

No more pages to load.