Tepati Janji, Pemkab Pacitan Beri Bonus Mencapai Ratusan Juta untuk Atlet Peraih Medali di Porprov Jatim

oleh -Dibaca 1.092 kali
GELONTOR BONUS. Bupati Aji didampingi Ketum KONI Pacitan memberikan bonus uang kepada Zalfa, peraih emas dalam porprov VII Jatim cabor menembak pada Senin (4/7/2022) malam di Pendopo Kabupaten Pacitan. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menggelontor bonus kepada para atlet dan pelatih yang sukses meraih medali dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur.

Pemberian bonus hingga ratusan juta kepada para atlet dan pelatih yang meraih medali porprov VII Jatim tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji pada Senin (4/7/2022) malam di Pendopo Kabupaten Pacitan.

“Atas nama pribadi, pemerintah dan masyarakat saya ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada para atlet yang telah mewakili Kabupaten Pacitan dan menyandang nama baik Pacitan,”kata Bupati, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Baca jug: Capaian Perolehen Medali Porprov VII Lebih Baik Dibanding Sebelumnya, Ketum KONI Pacitan: Terimakasih Semuanya

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pacitan Dyah Mentari Putri mensyukuri raihan 17 medali yang diperoleh Pacitan.

“Alhamdulillah dalam Porprov VII kita bisa membawa pulang 9 medali emas, 2 perak dan 6 perunggu,”ujar Dyah.

Untuk atlet peraih medali masing-masing mendapatkan bonus dengan besaran menyesuaikan kriteria.

Untuk bonus tertinggi diperoleh medali emas perorangan sebanyak Rp15 juta. Sedangkan peraih emas beregu mendapatkan bonus bervariasi mulai Rp10 juta hingga Rp 3 juta. Demikian pula bonus untuk peraih medali perak dan perunggu.

Sebagai informasi, Porprov Jatim VII 2022 menggunakan penghitungan poin dalam perolehan medali untuk menentukan peringkat klasemen setiap kontingen.

Satu keping medali emas dikonversi menjadi poin 4. Satu medali perak dihitung poin 2 dan satu keping perunggu sama dengan poin 1. Penghitungan poin pada medali tersebut mengacu pada sistem baku Komite Olimpiade Internasional atau International Olympic Committee (IOC).

Sesuai dengan regulasi itu, dari sisi peringkat, Pacitan mendapatkan total poin 46 dan menduduki peringkat ke-32 klasemen sementara dari 15 cabor yang diikuti. Posisi ke-32 ini sama dengan capaian peringkat dalam Porprov 2019 lalu.

Namun demikian, capaian perolehan medali tahun ini dibandingkan dengan perolehan medali saat Porprov VI tahun 2019 lalu. Dimana tahun 2019 lalu, Pacitan meraih total 13 medali dengan rincian 4 emas, 2 perak dan 7 perunggu, poin akhir 27 dan finish di posisi 32.

Khusus capaian medali emas pada Porprov VII ini juga mengalami kenaikan dibanding Porprov VI sebelumnya. Untuk perolehan emas Porprov VII tahun ini dipersembahkan cabor angkat besi (8 emas) dan menembak (1). Sedangkan emas Porprov VI tahun 2019 meraih 4 emas yang dipersembahkan oleh cabor angkat besi (3) dan voli indoor putra (1).

Berikut hasil perolehan medali kontingen Pacitan di Porprov VII Jatim 2022

  • 3 medali emas cabor angkat besi (nomor snatch, clean & jerk dan total 49 kg putri/Resva Widya Aryana)
  • 3 medali emas cabor angkat besi (nomor snatch, clean & jerk dan total 55 kg putri/Luluk Diana Tri Wijayana)
  • 2 medali emas cabor angkat besi (nomor clean & jerk dan total 64 kg putri/Amel Candra Novitasari)
  • 1 medali emas cabor menembak (nomor 10 m air rifle putri/Zalfa Nurrahmah Agustina)
  • 1 medali perak cabor angkat besi (nomor snatch 64 kg putri/Amel Candra Novitasari)
  • 1 medali perak cabor woodball (nomor mixed double fairway)
  • 1 medali perunggu cabor bridge (nomor beregu putri/Nisrina Tria Nabila, Shafa Bunga Nabila, Keyza Anendya, Vania Asa Yumna, Nikmah Zumrotul dan Mimmy Fatihatul Jannah)
  • 1 medali perunggu cabor paralayang (nomor akurasi beregu putri/Aisyah Indika Desta Rahmadany dan Marsely Febiola)
  • 1 medali perunggu cabor woodball (nomor women double fairway)
  • 1 medali perunggu cabor billiard (nomor 10 ball double putra/Fandy Krisna dan Haman Amar Haidiqi)
  • 1 medali perunggu cabor bridge (nomor pasangan swiss putri)
  • 1 medali perunggu cabor bola voli indoor (nomor beregu putra)

Total medali = 17 (9 emas, 2 perak, 6 perunggu)
Total poin = 46
Peringkat akhir = 32

No More Posts Available.

No more pages to load.