Capaian Perolehen Medali Porprov VII Lebih Baik Dibanding Sebelumnya, Ketum KONI Pacitan: Terimakasih Semuanya

oleh -0 Dilihat
RAIH HASIL LEBIH BAIK. Ketum KONI Pacitan Dyah Mentari Putri bersama atlet menembak Pacitan Zalfa dalam momen Porprov VII Jatim 20220. (Foto: Dok. KONI Pacitan for Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Setelah sepekan berlangsung, gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur berakhir pada Ahad (3/7/2022) besok. Namun demikian, bagi kontingen Pacitan, perolehan medali tersebut adalah final mengingat jumlah atlet dan cabang olahraga (cabor) yang diikuti telah habis.

Adapun, dua medali tambahan untuk Pacitan dipersembahkan pada Jumat (1/7/2022) masing-masing adalah medali perunggu cabor bridge dan medali perunggu cabor bola voli indoor putra.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pacitan Dyah Mentari Putri mengaku bersyukur dan mengapresiasi capaian kontingen Pacitan dalam Porprov VI tahun ini.

“Alhamdulilah puji syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas apa yang telah diraih oleh semuanya, apapun berapapun kita syukuri karena itu semua atas usaha ikhtiar bersama serta rahmat dan karunia Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,”kata Dyah saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Sabtu (2/7/2022).

Ketum KONI perempuan pertama di Pacitan juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan luar biasa untuk semuanya.

“Termasuk semua pengurus KONI, para pelatih, dan kawan-kawan Disparbudpora, serta semua pihak yang telah membantu dan menjadi sponsor di setiap Cabang Olahraga, semoga Allah SWT membalas semua kebaikan kawan-kawan dan sahabat-sahabat semua,”jelasnya.

Tak lupa, Dyah juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan sejak awal hingga selesainya Porprov.

“Mohon dimaafkan atas segala kesalahan kata-kata ataupun sikap yang salah atau apapun kekurangan yang ada sejak awal hingga saat ini selesai Porprov, selamat berjuang untuk tahun-tahun berikutnya,”pungkasnya.

Dengan tambahan 2 medali ini pada Jumat kemarin, Pacitan kini mengumpulkan total 17 medali, yang terdiri dari 9 emas, 2 perak dan 6 perunggu.

Sebagai informasi, sama seperti Porprov sebelumnya, Porprov Jatim VII 2022 menggunakan penghitungan poin dalam perolehan medali untuk menentukan peringkat klasemen setiap kontingen.

Satu keping medali emas dikonversi menjadi poin 4. Satu medali perak dihitung poin 2 dan satu keping perunggu sama dengan poin 1. Penghitungan poin pada medali tersebut mengacu pada sistem baku Komite Olimpiade Internasional atau International Olympic Committee (IOC).

Sesuai dengan regulasi itu, dari sisi peringkat, per Sabtu (2/7/2022), Pacitan mendapatkan total poin 46 dan menduduki peringkat ke 29 klasemen sementara dari 15 cabor yang diikuti.

Capaian perolehan medali ini lebih baik dibandingkan dengan perolehan medali saat Porprov VI tahun 2019 lalu. Dimana tahun 2019 lalu, Pacitan meraih total 13 medali dengan rincian 4 emas, 2 perak dan 7 perunggu, poin akhir 27 dan finish di posisi 32.

Khusus capaian medali emas pada Porprov VII ini juga mengalami kenaikan dibanding Porprov VI sebelumnya. Untuk perolehan emas Porprov VII tahun ini dipersembahkan cabor angkat besi (8 emas) dan menembak (1). Sedangkan emas Porprov VI tahun 2019 meraih 4 emas yang dipersembahkan oleh cabor angkat besi (3) dan voli indoor putra (1).

Berikut hasil perolehan medali kontingen Pacitan di Porprov VII Jatim 2022

  • 3 medali emas cabor angkat besi (Luluk Diana Tri Wijayana/55 kg putri, Ahad 26 Juni 2022)
  • 3 medali emas cabor angkat besi (Resva Widya Aryana/49 kg putri, Ahad 26 Juni 2022)
  • 2 medali emas cabor angkat besi (Amel Candra Novitasari/64 kg putri, Ahad 26 Juni 2022)
  • 1 medali emas cabor menembak (nomor 10 m air rifle putri/Zalfa Nurrahmah Agustina, Selasa 28 Juni 2022)
  • 1 medali perak cabor angkat besi (Amel Candra Novitasari/64 kg putri, Ahad 26 Juni 2022)
  • 1 medali perak cabor woodball (nomor mixed double fairway, Selasa 28 Juni 2022)
  • 1 medali perunggu cabor bridge (nomor beregu putri/Nisrina Tria Nabila, Shafa Bunga Nabila, Keyza Anendya, Vania Asa Yumna, Nikmah Zumrotul dan Mimmy Fatihatul Jannah, Senin 27 Juni 2022)
  • 1 medali perunggu cabor paralayang (nomor akurasi beregu putri/Aisyah Indika Desta Rahmadany dan Marsely Febiola, Rabu 29 Juni 2022)
  • 1 medali perunggu cabor woodball (nomor women double fairway, Kamis 30 Juni 2022)
  • 1 medali perunggu cabor billiard (nomor 10 ball double putra/Fandy Krisna dan Haman Amar Haidiqi, Kamis 30 Juni 2022)
  • 1 medali perunggu cabor bridge (nomor pasangan swiss putri, Jumat (1/7/2022)
  • 1 medali perunggu cabor bola voli indoor (nomor beregu putra, Jumat 1/7/2022)

Total = 17 medali

Video Porprov VII Jatim, Pacitan Optimistis 99 Persen Naik Peringkat

No More Posts Available.

No more pages to load.