Ratusan Orang Peringati Bulan Cinta Laut di Pantai Teleng Ria, Ciptakan Laut Bersih untuk Indonesia Sejahtera

oleh -Dibaca 989 kali
Ratusan Orang Peringati Bulan cinta laut di Pantai Teleng Ria, Ciptakan Laut Bersih untuk Indonesia Sejahtera. (Foto: Julian Tondo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebuah usaha meningkatkan kesadaran pentingnya laut bagi sumber kehidupan makhluk terus di gerakkan.

Peran laut sebagai penghasil oksigen harus terus diedukasikan kepada masyarakat, terutama tentang pentingnya kesadaran bahwa laut bukan tempat sampah.

Ratusan orang dari berbagai lembaga, komunitas, instansi pemerintah, TNI dan Polri, berkumpul bersama di pantai teleng Ria Pacitan untuk lakukan bersih pantai dalam rangka dukung gerakan bulan cinta laut.

Kegiatan ini sebagai upaya bersama menjaga kesehatan laut untuk kehidupan umat manusia agar dapat meningkatkan pengendalian dan pengawasan sampah anorganik yang masuk kedalam laut.

Karena sampah sampah anorganik tersebut dapat merusak pola hidup biota laut.

“Alhamdulillah dengan bersama kita lakukan kegiatan bersih pantai dalam rangka mendukung bulan cinta laut, dapat menjadikan momentum semangat kesadaran untuk mengelola sampah dengan baik dan benar,”kata Sekretaris Daerah Heru Wiwoho saat mewakili bupati pada pembukaan giat bulan cinta laut, Sabtu (2/7/2022).

Pentingnya kebersaman masyarakat untuk berperan aktif dalam gerakan bersih pantai dan laut, akan dapat menjaga laut tidak tercemar oleh sampah.

“Laut itu penghasil oksigen. Mikroorganisme, yang buat laut biru itu adalah oksigen,jika tercemar oleh sampah ya gak biru lagi. mikroorganisme akan mati.dan rantai makanan juga akan putus,”jelas RD. Sabas Kusnugroho, koordinator relawan Karina Sego Berkat  Pacitan.

Kegiatan bulan cinta laut ini dilakukan paralel hampir diseluruh pesisir pantai di Indonesia dengan waktu yang beraneka ragam, dan salah satunya di pesisir pantai teleng Ria Pacitan.