Petani Pacitan ‘Full Senyum’ Karena Panen Raya, Berharap Harga Gabah Stabil

oleh -Dibaca 963 kali
PANEN RAYA. Petani di Pacitan memanen padinya menggunakan mesin pemanen dalam momen panen raya kedua tahun 2022. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Petani di Pacitan tengah dalam suasana ‘full senyum’ Bahagia. Pasalnya selama sepekan terakhir petani mulai memanen padi yang ditanam tahun kedua 2022.

“Panen mas, Alhamdulillah ini yang kedua di tahun 2022,”kata Kusren, salah satu petani di Pacitan, Selasa (5/7/2022) saat ditemui di sela-sela panen raya.

Saat memanen padi miliknya, Kusren memilih panen menggunakan jasa mesin pemanen.

Kusren beralasan dirinya menggunakan jasa mesin pemanen karena dianggap lebih cepat dan bersih hasil panennya.

“Ini sudah mulai menggunakan mesin pemanen mas, itu lebih cepat (prosesnya), satu patok bisa panen sekitar 3 jam selesai,”jelasnya.

Senada dengan Kusren, Triman petani lain juga berharap hasil panen kedua ini bisa lebih baik dan harga beras stabil di pasaran. “Njih tentunya semoga panennya lebih baik dari panen sebelumnya,”ujar Triman.

“Yang terpenting lagi harga gabahnya stabil mas (wartawan, red),”imbuhnya.

Sebagai informasi, sektor pertanian di Pacitan ini sendiri masih mendominasi jenis pekerjaan di Pacitan, berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) Pacitan tahun 2021.

Selama masa pandemi dua tahun belakangan, pertanian di Pacitan sendiri merupakan sektor pekerjaan yang paling stabil di Pacitan pada masa pandemi COVID-19.

Dalam rilis BPS Pacitan juga disebutkan sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang masih bisa bertahan saat masa pandemi.