Sirnas Voli Pantai Seri II Digelar di Pantai Pancer Dorr, Gairahkan Sport Tourism Pacitan

oleh -Dibaca 615 kali
SIRNAS VOLI PANTAI SERI 2. Pancer Dorr Pacitan jadi lokasi Sirnas voli Pantai mulai Rabu (29/6/2022). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN –  Event Sirkuit Nasional (SIRNAS) Voli Pantai seri II 2022 di Pantai Pancer Dorr, Kelurahan Ploso, Pacitan mulai digelar sejak Rabu (29/6/2022) hingga Ahad (3/7/2022) mendatang.

Sirnas Voli Pantai 2022 merupakan pertandingan kejuaraan nasional voli pantai 2022 kerja sama antara Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) dan Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Pacitan.

Kepala Disparbudpora Pacitan Turmudi saat konferensi pers jelang Sirnas, Selasa (28/6/2022) di Pancer Dorr Pacitan mengatakan sebanyak total ada puluhan tim-tim dari 10 Provinsi di Indonesia ambil bagian dalam ajang bergengsi tingkat nasional tersebut.

“Ada dua pertandingan, yakni 4×4 artinya satu regu ada empat orang, juga ada 2×2 artinya satu regu pemainnya 2, nanti ada sekitar 24 klub putra untuk pertandingan 2×2 putra dan 20 klub untuk pertandingan 2×2 putri, sedangkan yang pertandingan 4×4 ada 8 klub putra dan ada 6 klub putri,”kata Turmudi.

Selain itu, Turmudi mengungkapkan dalam Sirnas Voli Pantai di Pacitan akan menggunakan 4 lapangan dengan menghadirkan 20 tenaga wasit nasional.

“Karena ini sifatnya nasional, pesertanya dari luar provinsi ada sekitar 10 provinsi di seluruh Indonesia yang hadir, yaitu dari NTB, Kaltim, Kalsel, Jatim, DIY, Jateng Jabar, DKI, Sumsel dan Babel, klubnya 24,”kata Turmudi.

Sementara, Ketua Bidang Voli Pantai PBVSI Pacitan Slamet Mulyono mengatakan kegiatan ini digelar dengan tujuan salah satunya adalah menambah jam terbang para atlet.

“Selain itu juga menyosialisasikan voli pantai ini di daerah-daerah yang punya potensi untuk atlet yang nantinya sampai ke tingkat nasional, awalnya seri I di Gunungkidul, ini seri II di Pacitan, berikutnya akan digelar di Sanur Bali dan terakhir di Jakarta,”jelasnya.

Slamet berharap, dengan adanya seri ini, para atlet voli pantai bisa memanfaatkan untuk menambah jam terbang.

“Jadi kalau kita latihan saja tanpa pertandingan, tentu kita tidka maju dan tidak mengkoreksi, jadi kjuaraan ini ada tim pemandu bakat, mungkin ada bibit baru untuk memasok bibit atlet voli pantai ke timnas,”ujarnya.

Tidak kalah penting, Slamet mengungkapkan salah satu tujuan diselenggarakan Sirnas II di Pacitan adalah menggairahkan sport tourism di Pacitan.

“Dan yang tidak kalah pentingnya adalah, dengan voli pantai mudah-mudahan sport tourism, pariwisata di Pacitan meningkat, dimana Pacitan banyak pantai cantik dan akan dikenal di nasional, karena kita di voli pantai memiliki satu mimpi agar pantai cantik seluruh Indonesia kita promosikan ke dunia internasional,”pungkasnya.