Dapat Alokasi 2900 Dosis Vaksin, Pacitan Mulai Lakukan Vaksinasi Hewan Ternak Antisipasi PMK

oleh -Dibaca 450 kali
VAKSINASI SAPI. Petugas melakukan vaksinasi sapi perah di Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo pada Senin (27/6/2022). (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan memperoleh alokasi 2900 vaksin untuk melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak untuk mengantisipasi paparan foot and mouth disease atau Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

“Untuk vaksinasi dari Jatim kita dapat alokasi 2900 dosis, kita bagi yang 900 vaksin untuk sapi perah, jadi 100 persen populasi sapi perah nanti harapannya tercover vaksin, yang 2000 untuk sapi potong,”kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan  Penyakit Hewan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian drh Kus Handoko, Selasa (28/6/2022) di Pacitan.

Baca juga: PDHI: Total 209 Hewan Ternak di Pacitan Terpapar PMK, 91 Diantaranya Sembuh

Lebih lanjut, Handoko mengatakan pelaksanaan vaksinasi untuk hewan sudah mulai dilakukan sejak Senin (27/6/2022) di tiga desa di Pacitan.

“Kita mengambil vaksin tersebut di Dinas Peternakan Jatim, kemudian sabtu-minggu kita gunakan untuk persiapan tim vaksinasinya menyiapkan lokasinya dan beberapa peralatan yang lain, kemudian hari senin mulai kemarin kita sudah laksanakan penyunitkan vaksinasi di tiga desa, yaitu Desa Gemaharjo, Desa Tahunan dan Tahunan Baru,”jelasnya.

Untuk sapi perah sejumlah 900, Handoko mengatakan targetnya 100 persen populasi sapi perah bisa tercover vaksinasi.

“Sapi perah kemarin targetnya 100 pesen populasi perah, kecuali yang berumur dibawah 2 minggu dan yang kondisi sakit, untuk capaian Senin kemarin dalam 1 hari kita bisa memvaksin 376 ekor, jadi  separuh populasi udah selesai melanjutkan di Desa Tahunan dan Desa Ploso Tegalombo,”ujar Handoko.

“Sedangkan Selasa kita vaksinasi di Desa Punung, Kecamatan Punung, untuk sapi perah tercover semua, sapi potong baru 2000 yang tervaksin,”pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Kabupaten Pacitan menyebut total 209 hewan ternak di Pacitan terpapar PMK, dimana 91 ekor sembuh, 117 sakit, 1 hewan ternak potong paksa.

Sehingga, untuk menghindari semakin merebaknya wabah PMK, upaya vaksinasi pun mulai dilakukan untuk sapi yang belum terpapar.

Video Antisipasi Virus PMK Pada Ternak, Bersama PDHI Pacitan

No More Posts Available.

No more pages to load.