Kompak, 12 DPAC Dukung Secara Aklamasi Indrata Nur Bayuaji Jadi Ketua DPC Partai Demokrat Pacitan

oleh -Dibaca 1.016 kali
Partai Demokrat Pacitan menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) IV Partai Demokrat Pacitan yang digelar pada Senin (20/6/2022) di Hotel Shangrilla Surabaya. (Foto: Dok. Indrata Nur Bayuaji)

Pacitanku.com, PACITAN – 12 Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) Partai Demokrat (PD) se-Kabupaten Pacitan secara aklamasi mendukung Indrata Nur Bayuaji menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat periode 2022-2027.

Dukungan secara aklamasi tersebut disampaikan dalam Musyawarah Cabang (Muscab) IV Partai Demokrat Pacitan yang digelar pada Senin (20/6/2022) di Hotel Shangrilla Surabaya.

“Muscab telah selesai dan secara aklamasi mendukung Indrata Nur Bayuaji untuk menjadi ketua DPC Partai Demokrat nanti pada saatnya akan ditetapkan oleh tim 5, dan selanjutnya setelah ditetapkan akan dilaksanakan pelantikan ketua DPC Partai Demokrat,”kata Sekretaris DPC Partai Demokrat Pacitan Ronny Wahyono saat dihubungi Pacitanku.com.

Ronny mengatakan tahapan berikutnya setelah ditetapkan menjadi Ketua DPC adalah dibentuk tim formatur yang diberi waktu maksimal 14 hari untuk membuat kepengurusan yang baru DPC Partai Demokrat Pacitan periode 2022-2027.

Lebih lanjut, Ronny menjelaskan memang ada sedikit perbedaan pelaksanaan Muscab IV tahun ini dengan Muscab III tahun 2017 lalu. Dimana pada penyelenggaraan edisi ke IV ini mengacu pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) tahun 2020.

“Pada Muscab 5 tahun yang lalu, dalam pelaksanaan Muscab tersebut memilih ketua DPC dari seluruh yang mempunya hak suara, hak suara itu adalah 12 ketua DPAC, kalau di Pacitan ada 12 ketua DPAC ditambah 1 ketua DPC, yang berikutnya ketua DPD dan yang terakhir adalah ketua DPP, itu dulu total 15 suara untuk memilih ketua DPC,”jelas pria yang menjabat sebagai Ketua DPRD Pacitan ini.

Sementara pada Muscab IV tahun ini, Ronny mengatakan pelaksanaannya adalah untuk memilih calon Ketua DPC.

“Jadi di dalam Muscab tersebut dibutuhkan minimal 20 persen dukungan dari pemilik suara sehingga menjadi bakal calon, dan bakal calon dibatasi maksimal 3 untuk diajukan kepada tim 5, tim 5 itu terdiri dari pengurus DPP, yakni Ketua Umum, Sekjen dan Kepala BP OKK dan 2 anggota tim lain yaitu adalah Ketum dan Sekretaris DPD Jatim,”paparnya.

Sesuai dengan tahapan dalam AD/ART 2020, Ronny menjelaskan dari bakal calon tersebut, maksimal 3 nanti diaksanakan fit and proper tes.

“Disitu penetapan calon yang dianggap mampu, masing-masing memakarkan visi misi dan rencana kerjanya untuk memajukan Partai Demokrat di wilayahnya,”tandasnya.

Di Pacitan sendiri, kata Ronny, 12 ketua DPAC ini semua kompak solid secara aklamasi mendukung Indrata Nur Bayuaji yang saat ini menjabat sebagai Bupati Pacitan sebagai ketua DPC Partai Demokrat Pacitan.

“Sehingga untuk kabupaten Pacitan tidak ada bakal calon lainnya, hanya ada satu bakal calon yang lalu otomatis menjadi calon Ketua DPC. Lha calon Ketua DPC ini nanti akan disodorkan pada tim 5 yang kemudian akan ditetapkan. Dalam Muscab, karena hanya satu calon maka secara aklamasi akan langsung ditetapkan sebagai calon,”pungkasnya.

Ronny mensyukuri hasil Muscab IV ini sendiri yang menghasilkan soliditas dan kekompakan yang mendukung sosok Indrata Nur Bayuaji sebagai calon Ketua DPC untuk selanjutnya akan ditetapkan sebagai Ketua DPC Pacitan.

“Jadi pada akhirnya alhamulillah pada akhirnya Pacitan kompak, aman, kondusif bergerak menuju satu arah, yaitu (Pemilu) 2024,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.