Tahapan Pemilu Segera Dimulai, Bawaslu Pacitan Pastikan Pengawasan Partisipatif akan Digaungkan Kembali

oleh -Dibaca 721 kali
Syamsul Arifin Bawaslu Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN – Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 segera dimulai dalam kurun waktu beberapa bulan lagi. Berbagai persiapan pun tengah dilakukan salah satunya lembaga pengawas pemilu Bawaslu Daerah.

Divisi penyelesaian sengketa pemilu Bawaslu Pacitan, Syamsul Arifin menjelaskan jika lembaganya saat ini fokus pada persiapan pengawasan pemilih partisipatif berkelanjutan.

“Pengawasan tentu tidak pernah putus, dan menjelang tahapan serentak ini tentu di butuhkan persiapan-persiapan,”kata dia, Jumat (10/6/2022) di Pacitan.

Lebih lanjut, Syamsul mengatakan pengawasan partisipatif yang berkelanjutan juga terus di lakukan menjelang dimulainya tahapan pemilu serentak 2024.”Melalui program PRAKARSA, peran pengawasan partisipatif di lakukan guna mengoptimalkan pengawasan,”ujar dia.

Selanjutnya, Syamsul mengatakan jika peran  utama dari Bawaslu adalah melakukan pencegahan. Meskipun juga ada kewenangan penindakan atas temuan pelanggaran yang sudah berkekuatan hukum tetap.

“Tentu ini diperlukan sebuah kejelian. Baik dari unsur komisioner sendiri atau pengawas partisipatif yang saat ini sudah terbentuk. Itulah perlunya peningkatan kapasitas SDM dari semua jajaran pengawas pemilu” pungkasnya.

Sebagai informasi tahapan pemilu serentak tahun 2024 akan dimulai tanggal 14 Juni 2022. Serentak seluruh Indonesia.