Lantik Kades Hasil PAW Sukodono dan Sidomulyo, Bupati Pacitan Berpesan Agar Desa Tumbuhkan Semangat Kolaborasi

oleh -Dibaca 530 kali
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji kembali melantik Kepala Desa Terpilih hasil Pengganti Antar Waktu (PAW) pada Selasa (17/5/2022) di Pendopo Kabupaten Pacitan. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji kembali melantik Kepala Desa Terpilih hasil Pengganti Antar Waktu (PAW) pada Selasa (17/5/2022) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Adapun dua Kades hasil PAW yang dilantik tersebut adalah Makhrus Ali yang terpilih sebagai Kepala Desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung dan Eko Wardoyo terpilih menjadi Kepala Desa Sukodono Kecamatan Donorojo.

Desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung serta Desa Sukodono Kecamatan Donorojo melakukan pemilihan kepala desa pengganti antar waktu (PAW) untuk mengisi jabatan kepala desa yang kosong karena kepala desa lama berhalangan tetap.

Saat dikonfirmasi awak media usai pelantikan, Bupati berpesan kepada kedua Kades tersebut untuk dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya.

“Salah satunya tentunya segera mempelajari peraturan Perundang-undangan yang ada, terus juga harapan selanjutnya bisa memahami bahwa untuk desa bisa berkembang kemudian lebih jauh Pacitan bisa berkembang, dibutuhkan kolaborasi bersama,”kata Bupati Aji.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan untuk kolaborasi, maka potensi harus diketahui dengan seksama dan terus dikembangkan.

“Kemudian daerah melakukan apa, juga desa melakukan apa, lha ini hal yang perlu dipahami bersama, daerah tidak mampu sendiri, desa pun tidak mampu sendiri,”jelas Bupati.

Terkait peranan pembangunan desa, Bupati menyebut Desa memiliki peranan yang tinggi sekali. Karena salah satunya desa berperan dalam pemberdayaan masyarakat.

“Desa sangat memiliki peranan yang tinggi sekali, lha disitu peran kepala desa menjadi sangat penting, dengan bisa meningkatkan semua sektor, potensi SDM dan SDA wajib diketahui, kekurangannya dimana perbaiki, kelebihannya dimana itu yang di push,”pungkas Bupati.