Kunjungan ke Pantai Klayar Membludak Saat Libur Lebaran, Disparbudpora Pacitan Rencanakan Perluas Area Parkir

oleh -Dibaca 1,714 kali
MEMBLUDAK. Kunjungan wisata di Pantai Klayar membludak saat momen Libur dan cuti bersama lebaran 1443 H. (Foto: Dok. Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Pacitan berencana memperluas area parkir di Pantai Klayar menyusul membludaknya pengunjung saat libur dan cuti bersama Lebaran pekan lalu.

Sebagai informasi, Pantai Klayar masih menjadi destinasi paling disukai wisatawan saat libur Lebaran pekan lalu. Hal itu dibuktikan dengan kunjungan ke Pantai Klayar yang menjadi kunjungan tertinggi diantara destinasi wisata lainnya.

Bahkan, aparat kepolisian yang bertugas harus melakukan pengalihan dan penutupan jalur akibat volume kendaraan yang sempat meningkat beberapa kali dalam kurun waktu satu pekan yang lalu.

“Kami sampaikan mohon maaf kepada wisatawan yang berkunjung ke Pantai Klayar yang mungkin tidak nyaman parkir di kawasan pantai Klayar, yang wisatawan tertolak (karena penuhnya kendaraan) juga kami mohon mohon maaf, insyaallah akan kita benahi infrastruktur dan juga kebersihannya,”kata Kadisparbudpora Pacitan Turmudi saat dikonfirmasi pada Senin (9/5/2022) di Pacitan.

Untuk menanggulangi kondisi serupa terulang saat libur mendatang, Turmudi mengatakan jajarannya akan segera melakukan sejumlah langkah, diantaranya adalah perluasan area parkir Pantai Klayar untuk memberikan kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut.

“Kita akan bangun penambahan parkir mobil khusus di klayar, doakan saja bisa terlaksana tahun ini, sehingga bisa menampung lagi kendaraan wisatawan, karena kalau dilihat saat libur Lebaran kemarin, 80 persen wisatawan itu dari luar dilihat dari pelat nomor mobilnya, misalnya Jakarta, bandung, semarang dan Solo,”jelas dia.

Turmudi mengatakan lokasi perluasan parkir akan diletakkan di sisi barat lokasi parkir saat ini, sehingga diharapkan perluasan parkir tersebut menjadi solusi dari kemungkinan terjadinya penumpukan kendaraan.

“Jadi kita akan bangun lagi penambahan lebar parkir tahun ini, sekitar 2000 meter persegi luasnya, lokasinya di agak atas sisi barat,”ujar dia.

Turmudi mengakui Pantai Klayar masih menjadi primadona kunjungan wisatawan. Terbukti, kata Turmudi, pantai yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo itu masih memegang rekor tertinggi kunjungan terbanyak selama libur Lebaran tahun ini.

“Pada H-3 Lebaran, ada pengunjung tapi tidak banyak, kemudian pada waktu hari raya, itu sorenya lumayan banyak, kemudian hari kedua Lebaran itu cukup tinggi, hari ketiga atau hari rabu agak tinggi, dan puncaknya hari Kamis tinggi sekali, selanjutnya hari Jumat agak turun kunjungannya, dan tinggi lagi pada hari Sabtu,”pungkas Turmudi.

No More Posts Available.

No more pages to load.