Pencak Silat Bunga Islam Pacitan Gelar HBH dan Baksos Bersih Sampah di Pantai Srau

oleh -Dibaca 1,752 kali
Ikatan Pencak Silat Bunga Islam (IPS BI) Cabang Pacitan menggelar kegiatan bakti sosial yang dirangkaikan dengan acara halal bi halal tahunan pada Sabtu (7/5/2022) di Pantai Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PRINGKUKU — Persoalan sampah masih menjadi salah satu pekerjaan bersama yang harus diperhatikan. Melonjaknya aktivitas manusia menjadi salah satu penyebab meninkatnya jumlah sampah di suatu daerah.

Atas kondisi itu, Ikatan Pencak Silat Bunga Islam (IPS BI) Cabang Pacitan menggelar kegiatan bakti sosial yang dirangkaikan dengan acara halal bi halal tahunan pada Sabtu (7/5/2022) di Pantai Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku.

Pemilihan lokasi ini dikarekanan potensi pariwisata yang dimiliki oleh pantai srau untuk menjadi destinasi favorit pengunjung. Yang ternyata tidak didukung oleh fasilitas pengelolaan sampah yang memadai atau sebanding dengan kunjungan wisatawannya.

“Äcara awalnya adalah halal bi halal sesama anggota Bunga Islam mas, api sekaligus kita kerja bakti di sekitaran pantai supaya pengunjung tetap nyaman dan menunjukan bahwa anggota organisasi pencak silat itu tidak ‘menyeramkan’, ”kata Aziz Pratoko selaku ketua panitia kegiatan

Sebanyak kurang lebih 300 orang dari perwakilan seluruh wilayah Pacitan, Wonogiri, Ponorogo, Madiun, dan beberapa daerah di sekitar Pacitan, ikut serta meramaikan agenda rutin yang sempat terkendala masa pandemi lalu.

Tidak kurang ada 15 karung besar dengan rincian 3 karung sampah plastik, 2 karung botol minuman, 1 karung tisu, masker bekas, dan kain, 1 karung sampah beling, 3 karung sampah sterofoam dan sisanya berupa sampah plastik dan sedotan sebanyak 20 kresek merah besar. Selanjutnya dibawa ke tempat sampah umum.

Aziz berharap, kebersihan pantai selalu terjaga dan bisa menjadi sarana kolaborasi dengan perguruan pencak silat dan organisasi lainnya di wilayah kabupaten Pacitan.

“Sehingga pantai Srau yang strategis ini bisa terjaga kelestarian dan kebersihannya,”pungkasnya.