Aksi Simpatik, Puluhan Paguyuban Reyog Ponorogo Gelar Pertunjukkan Massal

oleh -Dibaca 688 kali
Puluhan Paguyuban Reyog Ponorogo Gelar Aksi Solidaritas di Halaman Pendopo Pacitan. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Polemik seni Reyog Ponorogo yang sempat menghangat dalam beberapa hari terakhir turut memantik reaksi seniman reog asal Pacitan.

Pada Rabu (13/4/2022) malam, ratusan seniman yang tergabung dalam Paguyuban Reyog Kabupaten Pacitan serta para pecinta seni reyog tumpah ruah di halaman pendopo kabupaten.

Bukan untuk melakukan aksi protes, para seniman reyog ini justru menunjukkan aksi simpatik dengan menggelar pertunjukan reyog masal.

Tak pelak, usai ba’da tarawih kompleks pendopo ramai  oleh masyarakat yang hadir untuk menyaksikan pagelaran akbar tersebut.

Puluhan reyog dari berbagai paguyuban di Kabupaten Pacitan unjuk kebolehan dalam acara yang diprakarsai oleh Dewan Kesenian Daerah itu.

“Kami para seniman reyog Pacitan “rumangsa melu handarbeni wajib melu Ngrungkepi” (merasa ikut memiliki wajib ikut melindungi),” teriak salah satu panitia melalui pengeras suara, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji yang hadir langsung dalam acara tersebut sangat apresiatif terhadap aksi solidaritas pecinta seni reyog di wilayah Pacitan untuk mendukung kesenian asli Ponorogo itu menjadi milik Bangsa Indonesia.

Tidak hanya itu, Mas Aji juga memaknai acara ini sebagai “Buka bersama’ ( awalan)  untuk bangkit setelah dua tahun dilanda pandemi. Namun demikian, Ia minta masyarakat tetap menjalankan prokes dan turut menyukseskan program pemerintah yakni, vaksinasi.

“Malam hari ini adalah dalam rangka aksi solidaritas dan semoga doa kita bersama didengar bahwa  kesenian reyog Ponorogo  ini tetap menjadi milik bangsa Indonesia,” kata Mas Aji lantang.

Dalam kesempatan itu pula Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyatakan bahwa halaman pendopo kabupaten yang diberi nama lapangan Notopuro terbuka untuk umum.

Masyarakat dipersilahkan memanfaatkan fasilitas lapangan pendopo  untuk berkegiatan selama kegiatan itu positif.