Pasar Minulyo Pacitan Gelar Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua Paguyuban Pedagang

oleh -Dibaca 1.090 kali

Pacitanku.com, PACITAN – Pasar induk minulyo Pacitan bawa cerita unik. Layaknya pemilihan calon legislatif atau pemilihan kepala daerah, pasar minulyo juga gelar pesta demokrasi pemilihan ketua paguyuban pedagang.

Tahapan pemilihan mulai pendaftaran, masa kampanye, dan pemungutan dilakukan menyerupai Pemilu.Penyiapan alat peraga kampanye dan surat suara pun dikemas sedemikian rupa oleh panitia.

“Kami persiapkan segala sesuatunya. Mulai dari pemilihan ketua panitia, pengawas pemilihan, alat peraga, Surat suara, dan tinta pun kami sediakan. Semua miriplah dengan Pemilu,”kata Tesna, wakil ketua panitia pemilihan, Kamis (24/3/2022).

Semua kebutuhan logistik, seperti pamflet sosialisasi dan media kampanye pun disediakan oleh panitia.

“Pamflet bergambar tiga calon ketua kami ( panitia) buatkan berwarna. Kami melarang calon untuk buat alat peraga sendiri,”jelas Tesna.

Tiga calon kandidat yang diusung pedagang adalah, Nanang Anshori, Melin Dwi Retnani, dan Yuliatun. Ketiga calon ketua ini adalah pedagang lama yang telah melakukan aktifitas perdagangan di pasar minulyo lebih dari 5 tahun.

Proses pencoblosan suara yang dilakukan panitia, sediklit lebih unik. Pasalnya panitia mulai pukul 04.30 WIB sudah berkeliling pasar sambil Woro woro dan membawa surat suara agar pedagang lebih mudah melakukan hak pilihnya tanpa harus mengganggu aktifitas berjualan.

“Ada sekitar 797 pedagang yang terdaftar di kantor UPT pasar. Dan semua kami datangi agar bisa lebih mudah melakukan coblosan,”terang Prasjiwo, panitia pemilihan.

Didampingi pengawas pemilihan, yang dalam hal ini adalah pengelola pasar (perwakilan dari Dinas perdagangan) panitia melakukan pembagian surat suara yang langsung dicoblos dan dimasukan ke dalam kotak suara.

“luar biasa semangat dari teman teman panitia dan pengawas, dari pagi mereka sudah mau keliling. Demi melakukan pemilihan ketua paguyuban pedagang. Harapannya nanti dengan adanya kepengurusan paguyuban pedagang. Bisa membantu semangat pedagang dalam rangka menjaga, merawat, membesarkan pasar minulyo Pacitan,”ungkap Sunaryo, kepala dinas perdagangan dan tenaga kerja.

Pasar Minulyo Pacitan adalah salah satu dari sepuluh pasar percontohan yang dibangun pada 2007 silam oleh Kementerian Perdagangan.

Nama Minulyo pun disematkan oleh presiden RI ke 6 ,Susilo Bambang Yudhoyono yang sekaligus juga meresmikan pada tahun 2008.

Adapun hasil akhir pemilihan ketua pedagang pasar adalah dimenangkan oleh Nanang Anshori, dengan mendapatkan suara sah 351 suara, sedangkan melin Dwi Retnani mendapatkan 109 suara dan Yuliatun mendapatkan 79 suara.

Jumlah pemilih tetap berdasar data adalah 797. Dengan jumlah pemilih yang mencoblos 547 suara, 539 Surat suara sah dan 8 surat suara rusak.

No More Posts Available.

No more pages to load.