Solusi Kelangkaan, Polres Pacitan Bikin Minyak Goreng dari Kelapa untuk Dibagikan Kepada Warga

oleh -Dibaca 546 kali
BIKIN MINYAK GORENG. Kapolres Pacitan saat mendampingi anggotanya menggelar bakti sosial membuat minyak goreng pada Selasa (15/3/2022) di Pacitan. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Berbagai cara dilakukan oleh Kepolisian Resor (Polres) Pacitan untuk membantu mengatasi kelangkaan minyak goreng yang dirasakan oleh warga beberapa waktu belakangan.

Salah satu cara solutif yang dilakukan jajaran Polres Pacitan adalah membuat minyak goreng dari kelapa untuk selanjutnya dibagikan kepada warga, dan khususnya kepada pelaku UMKM di Pacitan.

Puluhan polisi nampak sibuk melakukan aktivitas membuat minyak kelapa, dari memulai memarut kelapa hingga membuat minyak dengan memasukkan ke dalam kemasan yang disediakan.

“Ditengah kelangkaan minyak goreng yang kita rasakan, Polres Pacitan berupaya untuk menambah kuota minyak goreng yang ada, jadi Polres Pacitan berupaya untuk membuat minyak goreng dari kelapa untuk nanti dibagikan ke masyarakat, jadi Polres Pacitan berbagi, tidak untuk dijual, dimaksudkan untuk menambah kuota yang ada,”kata Kepala Polres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono, Selasa (15/3/2022) di Pacitan.

Upaya tersebut, imbuh Kapolres, bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk juga membuat minyak goreng untuk membantu mengatasi kekurangan kuota minyak goreng.

“Dan Polres Pacitan berupaya menambahkan kuota itu dengan cara membuat minyak goreng, tidak mengambil jatah minyak goreng yang ada, karena kalau kita mengambil jatah minyak goreng yang ada lalu kita bagikan, otomatis bisa mengurangi kuota untuk masyarakat,”jelasnya.

Sehingga, kata Kapolres, para aparat kepolisian tersebut berupaya untuk membuat minyak goreng dan membagikannya kepada masyarakat untuk menamba kuota minyak goreng yang ada di masyarakat.

“Walupun tidak seberapa saya harap bisa mendorong pihak-pihak lain untuk berbuat yang sama, membuat minyak goreng dan membagikan kepada masyarakat atau menambah kuota di masyarakat dengan membuat minyak goreng,”papar Kapolres.

Pada kegiatan dengan tajuk “Berbagi Minyak Goreng Polres dan Bhayangkari Pacitan” itu, Kapolres mengatakan setidaknya jajarannya memesan 1000 kelapa di Pacitan sebagai bahan baku membuat minyak goreng kelapa.

“Tapi entah jadinya berapa kita juga belum tahu karena masih berproses dan botol-botol ini juga sudah kita siapkan untuk nanti kita bagikan kepada masyarakat, terutama kepada UMKM, UMKM yang membutuhkan minyak goreng nanti kita bagikan, kita dorong, kita distribusikan,”jelas Kapolres.

Untuk prosesnya, imbuh Kapolres, dimulai dari mengupas kulit kelapanya, terus mengupas kulitnya, lalu mengambil kelapanya lalu diparut kelapa tersebut.

“Setelah jadi hasil parutan itu dicampur air dan diperas menjadi santan, lalu santan tersebut dimasukkan kedalam penggorengan lalu di osek-osek itu, sambil dipanaskan hingga nanti akan menghasilkan minyak,”ujarnya.

Setelah menghasilkan minyak, kata Kapolres, juga menghasilkan ampas yang disebut blondo yang masih bercampur dengan minyak.

“Nanti kita saring, akan menghasilkan minyak seperti ini, dan sudah kita masukin dalam kemasan nanti siap dibagikan,”tandasnya.

Untuk labelnya, imbuh Kapolres, bertuliskan minyak goreng kelapa Pacitan berbagi.

“Disini tulisannya ‘Senyummu adalah senyum Polisi Polres Pacitan’, tidak untuk dijual ini untuk masyarakat, kita sama-sama berbagai senyum untuk masarakat. Nanti kita bagikan kepada UMKM terutama tukang gorengan kaki lima di pinggir jalan yang membutuhkan minyak ini,”pungkasnya.