Pembangunan Pelabuhan Gelon Terus Jalan, Pemkab Pacitan Fokus Selesaikan Pelimpahan Aset

oleh -Dibaca 746 kali
Proyek Pembangunan Jembatan Gelon. (Foto : Dishubkominfo Pacitan)
Proyek Pembangunan Jembatan Gelon. (Foto : Dishubkominfo Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah terus berupaya menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Gelon. Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan kini mulai fokus dalam penyelesaian asset untuk membangun jalan menuju ke pelabuhan Gelon.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Pacitan Gagarin saat ditemui awak media pada Kamis (10/3/2022) di Pacitan.

Awalnya, Gagarin menceritakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) turut terlibat membantu menyelesaikan persoalan pembangunan jalan menuju Pelabuhan sepanjang 3,1 kilometer tersebut.

“Ada solusi yang dijanjikan Bu Gubernur Khofifah di anggaran perubahan 2022, dan nanti di anggaran induk 2023, harapan kita nanti, jalan menuju kesana nanti bisa terselesaikan, walaupun lewat anggaran multiyears,”jelasnya.

Selain persoalan pembangunan jalan yang sudah dibantu Pemprov, Gagarin mengungkapkan saat ini yang menjadi fokus Pemkab adalah persoalan pelimpahan aset.

Wabup Gagarin saat menjawab pertanyaan awak media terkait Isoter, Rabu (18/8/2021) di Pacitan. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

“Terus selanjutnya sudah dalam perkembangan yang ada untuk tittik pelabuhannya sendiri mengenai pelimpahan asset kepada Kemenhub, kemarin dari kemenhub sudah menyanggupi diri akan ditindaklanjuti, karena draft Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sudah kita susun,”jelasnya.

Gagarin berharap dengan diselesaikannya lebih cepat terkait pelimpahan aset tersebut, akan mempercepat proses pembangunan Pelabuhan yang diharapkan menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat itu.

“Kita selesaikan tahun ini, harapannya gitu, yang perlu kita pahami bersama sebenarnya kita itu terselesaikan di ruas jalan itu capaian bagus, kalau lihat potensi yang ada, dari Kemenhub setelah jalan diselesaikan, tentu jadi lebih progresif lagi menyelesaikan Pelabuhan Gelon,”pungkasnya.