KH Sodiq Suja’ Kembali Pimpin Baznas Pacitan, ini Harapan Bupati Aji

oleh -Dibaca 511 kali
DILANTIK. Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji bersama Wakil Bupati Pacitan Gagarin saat bersama pimpinan BAZNAS pada Senin (7/3/2022). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Tokoh terkemuka Pacitan, KH Sodiq Suja’ kembali terpilih untuk memimpin Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pacitan  periode 2022-2027. Pelantikan pimpinan Pimpinan Baznas periode 2022-2027 tersebut digelar di Pendopo Kabupaten pada Senin (7/3/2022).

Dalam kesempatan itu, Bupati Indrata Nur Bayuaji minta BAZNAS Kabupaten Pacitan bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Pernyataan itu disampaikan Bupati saat memberikan sambutan usai melantik

Menurutnya, tidak hanya dalam upaya menghimpun zakat dari para ASN, namun lebih dari itu, Baznas bisa menyelaraskan apa yang menjadi program-programnya dengan program prioritas pemerintah  daerah.

Mas Aji yakin jika hal tersebut terjalin dengan baik maka cita-cita menjadikan masyarakat Pacitan yang bahagia sejahtera akan terwujud.

“Harapan saya kedepan Baznas bisa berkolaborasi berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Pemerintah Daerah Karena seperti kita ketahui dana zakat, infaq dan sodaqoh yang dikelola Baznas ini 90 persen berasal dari ASN,”kata Bupati, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Bupati menilai apa yang menjadi semangat kebersamaan dengan adanya zakat infaq dan sodaqoh patut menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan semakin tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk ikhlas berbagi maka Pacitan akan bisa bangkit. Bupati juga melihat masih ada potensi zakat lain diluar ASN yang bisa diupayakan Baznas semisal dari para pengusaha serta masyarakat umum.

Sementara menurut Ketua Baznas Provinsi Jawa Timur H. Roziki, dalam pengelolaan zakat infaq dan sodaqoh dasarnya sudah jelas. Untuk itu, baznas harus bisa mengelolanya dengan baik serta tidak melenceng dari aturan dan tuntunan agama.