PB ESI Sukses Gelar Rakornas 2022, Ini Harapan Ketua Umum ESI Pacitan

oleh -Dibaca 736 kali
Ketua Esport Pacitan Rio Ardian Permana saat menghadiri Rakernas PB ESI baru-baru ini. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, JAKARTA – Sekitar 600 Pengurus Kabupaten/Kota dari 34 Pengurus Provinsi mengikuti acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI). Rakornas 2022 dan 2nd Anniversary PB ESI merupakan kegiatan akbar yang digelar di Nusantara Hall ICE BSD 4-6 Maret 2022.

Kegiatan yang di buka langsung oleh Ketua Umum PB Esport Indonesia Jendral Pol Pur Budi Gunawan tersebut juga di hadiri para pengurus PB ESI serta para tokoh nasional yang juga sebagai Pembina PB Esport Indonesia.

Dalam sambutannya Ketua Umum PB ESI Jendral Pol. Purn. Prof. Budi Gunawanm Mengatakan, Kegiatan Rakornas tersebut dilaksanakan untuk menyatukan program-progam PB ESI bersama seluruh pengurus ESI baik dari pusat ataupun daerah.

“Hal ini agar satu visi, satu misi dan satu tindakan. Dalam menghadapi even internasional, karena terdapat 10 nomor yang dipertandingkan pada SEA Games yang akan difasilitasi Pelatnas oleh PB ESI dengan target mempersembahkan emas untuk Indonesia,”kata Ketua Umum PB ESI, Sabtu (06/03/2022).

Lebih lanjut Bidi Gunawan Mengatakan, Esport saat ini tertinggi dimainkan di Indonesia dengan 52 juta orang game Esport dan sekitar 115 juta orang penggemar game serta transaksi keuangan dalam ekosistem Esport yang mencapai 30 triliun rupiah.

Saat ini menjadi tantangan untuk kita semua di PB ESI. Karena kedepan akan dipertandingkan di Olimpiade sehingga kami harapkan PB ESI dapat mempersembahkan emas dan mengangkat peringkat Indonesia.

“Saya tekankan bahwa PB ESI adalah satu-satunya Cabang olahraga yang menaungi Esport di Indonesia dan di harapkan pada kejuaraan dunia Esport di Bali tahun 2022 ini bisa sukses. Esport adalah salah satu dari 14 Cabang Olahraga unggulan Indonesia yang akan menjadi andalan untuk Indonesia berprestasi,”ungkapnya.

Jendral bintang empat tersebut menambahkan, Sebanyak 5 games lokal di tahun ini harus sudah rilis dan disosialisasikan kepada masyarakat. Kami sudah merencanakan game publisher dan skema pendanaan game sehingga game esport lokal bisa merajai dunia Esport.

“Dengan Rakornas ini diharapkan kepada semua pengurus baik dari tingkat provinsi hingga Kabupaten/Kota agar satu visi dan misi mengembangkan ekosistem Esport di tanah air, dan saya tegaskan hanya ESI satu-satunya organisasi yang menaungi Cabang Olahraga Esport di Indonesia,”imbuhnya.

“Mari bersama-sama kita kembangkan olahraga ini untuk membawa nama baik Indonesia di kancah dunia, hal ini tidak akan terlaksana tanpa kerja keras dari seluruh pengurus baik di tingkat daerah hingga ke pusat,”harap pria yang juga sebagai Kepala BIN tersebut.

Secara terpisah Ketua Umum Esport Kabupaten Pacitan Rio Ardian Permana yang turut hadir dalam acara Rakornas tersebut mengatakan jika pihaknya ingin Atlet Esport di Pacitan minimal bisa masuk di Tim Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Indonesia yang berada di Mega Mendung Bogor.

“Karena di Pacitan banyak talenta-talenta atlet Esport yang berpotensi menjadi atlet Nasional, sehingga kedepannya nanti bisa membawa nama harum Kabupaten Pacitan, Jawa Timur bahkan Indonesia di kancah dunia,”harap pria berdarah Kalimantan tersebut di sela-sela kegiatan Rakernas.

Lebih lanjut Tyo, sapaan akrab Ketua ESI Pacitan tersebut menambahkan bahwa Esport merupakan olahraga baru, namun dangat di gemari oleh kaum melinial.

Dan di Pacitan, kata dia, sudah banyak atlet berprestasi,sehingga perlu banyaknya event atau turnamen yang diselenggarakan di tingkat Kabupaten dan Provinsi.

“Dengan banyaknya atlet-atlet berprestasi, maka kami tidak bisa hanya bekerja sendiri, dalam hal ini perlu ada dukungan dari KONI, Pemerintah Daerah dan Dinas terkait di Pacitan, agar para atlet ini bisa berprestasi hingga ke tingkat Nasional dan Dunia,”tandasnya.

Perlu di ketahui, Jika sebelumnya, pada Asian Games 2018 Esport menyumbangkan 1 emas, Tahun 2019 Sea Games Esport menyumbangkan 2 perak. Selain itu, di PON XX Papua Esport bisa tampil luar biasa sebagai cabor Eksibisi. Untuk itu, adanya Akademi Esport dan pelatihan sertifikasi wasit bisa menjadi jalan untuk Esport bisa mendulang emas dalam kompetisi Internasional.

Hadir bersama Ketua Umum PB ESI Jendral Pol. Purn Prof. Budi Gunawan SH, M. Si, Ketua Umum KONI Letjend TNI Purn. Marciano Norman, Pembina PB ESI, Sandiaga Salahuddin Uno, Ketua Harian PB ESI, Komjen Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo SH, M.Hum, Sekjen PB ESI  Frengki, Pembina PB ESI, Letjend TNI Chandra Sukotjo,Pembina PB ESI, Komjen A. Budi Revianto, Staf Khusus Kepresidenan, Diaz Hendropriyono, Dirut PT Telkom Hendri Mulyasyam.

Hadir juga dalam acara tersebut Rafi Ahmad sebagai RANS Entertainment/Duta Esport Indonesia, Atta Halilintar sebagai Duta Esport Indonesia, dan Ayu Dewi yang juga sebagai Duta Esport Indonesia.

Acara Rapat Koordinasi di tutup secara resmi oleh Bambang Soesatyo yang menjabat sebagai Ketua MPR Ri dan sebagai Pembina PB ESI.